Dapatkan info terbaru via Facebook. Silahkan klik LIKE / SUKA.

Powered By Blogger Widgets and warungbelajar

Senin, 13 Agustus 2012

10 Penyebab Komputer sering Restart Sendiri dan cara mengatasi




Hai sahabat warungbelajar kembali lagi iseng iseng nulis kawan :D, tetap dipermasalahan mengenai komputer, Mungkin buat teman - teman pernah ngalami ketika lagi maen komputer eh komputernya restart sendiri, kenapa yak ??? langsung bawa ke tukang service hihi. Warung belajar kali ini akan membahas 10 penyebab komputer sering restart sendiri dan cara mengatasi



Buat teman teman yang punya komputer baru atau mungkin masih awam dengan yang namanya komputer bisa mencoba tips dari saya ini yang mungkin bisa anda coba ketika komputer anda restart sendiri. Komputer sendiri terbagi dari beberapa bagian yang mungkin dulu dari SD sudah diajarkan sama bapak atau ibu guru :D, Hardware Software dan Brainware ya ketiga bagian itu adalah elemen terpenting dalam sebuah komputer.
Bagian yang akan kita bahas nanti adalah hardware (Perangkat Keras) dan software(Perangkat lunak). Karena Komputer erat hubungannya dengan Hardware dan software maka penyebab komputer rusak pun banyak penyebabnya yang berhubungan dengan 2 hal ini, ukey kita bahas kawan :D permasalahannya seperti ini kawan :

1. Prosesor kepanasan

Prosesor yang katanya adalah sebuah otak menurut guru SD saya dulu hehe, katanya semua proses dikomputer itu adalah berada disini, lalu apa hubungannya dengan komputer restart ??
begini mas mbak, ketika komputer bekerja dengan keras mungkin lagi membuka banyak aplikasi secara bersamaan, maka prosesor yang dikatakan sebagai otak ini akan bekerja extra keras #kasian, nah didalam prosesor ini terdapat system untuk menyelamatkan prosesor itu sendiri ketika dalam kondisi temperatur tertentu dengan merestart komputer tersebut, lalu bagaiamana cara untuk mengatasinya ?


  • anda bisa mengecek temperatur komputer pada BIOS, atau anda bisa menggunakan program untuk mengecek temperatur dari komputer seperti CPUID
  • Anda cek untuk bagian Fan Prosesor, apakah perputarannya pelan, karena jika perputarannya pelan maka temperatur prosesor akan mudah panas dan otomatis komputer restart, anda bisa menyemprotkan cairan anti karat dibagaian dinamo dari fannya yang seperti biasanya saya lakukan :D


  • Anda lihat apakah pada sirip sirip pendingin prosesor tersebut itu banyak debu debunya yang mengakibatkan temperaturnya mudah panas .


  • sudah keringannya pasta prosesor yang ada diatas prosesornya, ini juga yang akan menyebabkan prosesor cepat panas, anda bisa memberikan pasta prosesor biasanya disebut iso thermal, atau bisa pakai cara yang lebih extrem pakai pasta gigi cara ini juga bisa cuma tidak disarankan karena lama lama akan mengalami penggumpalan ketika lama digunakan.


  • anda bisa meletekkan komputer anda diruangan yang berAC ya sedikit banyak akan memberikan menurunkan temperatur dari prosesor ketika prosesor mulai memanas :D


2. Power Supply turun daya


Hal seperti ini biasa sangat sering terjadi kawan, biasanya seperti ini ketika menyalakan komputer, pada waktu bios loading windows itu komputer bisa berjalan normal, tetapi ketika masuk ke windows yang terjadi adalah komputernya restart, apa yang terjadi ?????
logikanya seperti ini, ketika komputer masuk ke bios dan loading windows itu daya listrik yang diminta masih belum banyak, tetapi ketika masuk ke dalam windows pastinya banyak program yang dijalankan dan pastinya akan meminta asupan listrik yang cukup banyak, dan ketika power suply sudah menurun dayannya yang terjadi power supply tidak dapat memberikan permintaan listrik ke komputer akhirnya ngerestart kan kawan, cukup masuk akal lah :D, jadi sebaiknya untuk keperluan komputer saat ini anda bisa pakai yang 500 watt saja kawan :D .

3.VGA rusak

jika anda yang pakai VGA Card anda bisa juga untuk mengecek komponen yang satu ini, beberapa vga card yang ada kipasnya, bisa anda lihat kipasnya itu mungkin pergerakannya melambat mungkin karena kotor, bisa anda bersihkan hal ini juga berpengaruh kawan.

4. Kerusakan Di Harddisk

Ada kemungkinan juga ada badsector di harddisk anda yang menyebabkan komputer anda tidak maksimal dalam pembacaan data yang menyebabkan komputer restart, lalu bagaimana cara mengatasinya ?? anda bisa melakukan checkdisk atau melakukan defragment pada harddisk anda.

5. Ram Rusak

Kemungkinan juga bisa terjadi, karena ketika ram dalam keadaan rusak maka komputer dalam menjalankan program tidak bisa maksimal yang menyebabkan komputer akan melakukan restart, atau malam di beberapa contoh permasalahan ketika ram rusak komputer tidak akan bisa menyala yah cukup extrem kan kawan :D. coba untuk mengganti ram anda atau mungkin membersihkan ram anda dengan cara membersihkan bagaian kuningannya dengan penghapus pensil kawan :D.

6. Kabel Harddisk tidak stabil

Ya yang ini adalah pengalaman yang sering saya temui biasanya terjadi di harddisk dengan kabel sata, ketika kabel datanya rusak atau kurang berfungsi, maka komputer akan bisa restart, bagaimana bisa terjadi seperti berikut ini, menurut pemikiran yang saya tangkap ketika si komputer booting di os dia punya batas maksimal loading, jadi ketika kabel yang digunakan kurang maksimal dalam penyampaian data yang bisa menyebabkan loading yang lama dan akhirnya bisa restart itu komputer :D #menurutsayasih hehe

7. Lonjakan Listrik penyebab komputer restart

Lonjakan listrik yang secara tiba tiba terjadi bisa membuat komputer anda restart karena permintaan listrik yang diminta komputer tidak terpenuhi, lalu bagaimana solusinya kawan ??
saya sarankan untuk menggunakan si Stavolt untuk komputer anda untuk mengatasi ketika lonjakan listrik ini.

8. fatal error

ya keterangan fatal error juga sering kita temui ketika anda sedang bermain komputer, dan setelah itu komputer akan restart otomatis ????? apa salah komputernya ??? kok tiba tiba si layar jadi warna biru BSOD (Blue Screen Of death) nah bagaimana cara mengatasinya ??
Fatal Error ini terjadi ketika system terjadi kerusakan, jadi saran saya repair saja system anda atau install ulang, jika tidak maka yang terjadi tetap seperti itu.

9. Antara Hardware dan software tidak cocok

Bagi orang awam mungkin anda belum mengenal apa itu driver ?? apa fungsinya ??
nah driver ini yang sangat kompleks fungsinya, seperti kata diatas hardware dan software tidak cocok ini akan juga mengalami error dan menyebabkan restart, jadi saran saya silahkan anda pastikan drivernya sudah cocok, jika anda bingung anda bisa menggunakan software all driver, seperti driver pack solution untuk menginstall driver.

10. Hardware atau software Yang rusak ???

karena judulnya 10 penyebab komputer restart, yang sudah saya sebutkan 9 nah yang terakhir ini cara terpenting yang bisa cukup ampuh untuk mengetahui apakah yang rusak ketika komputer restart itu, si hardware atau software ???
ketika komputer nyala pertama kali, anda tekan f2,atau del(tergantung merk motherboard) dengan otomatis masuk bios, nah ketika masuk bios itu tunggu 5 menit, jika komputer anda restart, berarti yang rusak adalah dibagaian hardware, tetapi jika tetap nyala dan ketika anda masuk ke windows normal komputer restart , berarti yang rusak itu softwarenya :D.

Nah itu kawan 10 penyebab komputer restart, yang saya ketahui dan saya coba saya share di warung belajar ini, jadi ketika komputer anda restart tiba tiba anda bisa mencoba untuk memperbaiki sendiri, tapi saya yakin masih banyak lagi penyebab komputer restart dan cara mengatasinya, dan jika teman teman yang lain punya tambahan, dengan senang hati silahkan berkomentar :D, terima kasih kawan demikian artikel saya mengenai 10 penyebab komputer sering restart dan cara mengatasinya :D.

Jika anda suka dengan artikel di blog ini.Silahkan berlangganan GRATIS via EMAIL.Isi alamat email anda di bawah ini

Masukkan Email anda disini:

Delivered by FeedBurner

Baca Artikel Menarik Lainnya Gan

26 komentar:

Bursa Taruhan Bola mengatakan...

baca2 dulu sobb

pete mengatakan...

tambah lagi bang, kalo penyebabnya virus juga bisa bikin restart ni

Rudy Hartono mengatakan...

makasih tipnya

Supercoolzz mengatakan...

owh begitu ya gan.. makasih nih infonya..:)

rizky aji mengatakan...

bang aku copy Paste ya saya juga membutuhkan pingin maen Audition AyoDance dan Ran Indo Private Extreme (RiP Extreme)

Anonim mengatakan...

thx info'a.. Mau tanya ni gan,kmptr saya suka restar pas buka brosur chrome atau firefox.. Pertamanya ada notifikasi flash crash ..kira2 apanya ya ? Bingung,mklum saya masi awam :)..

Hervana Febrian mengatakan...

perlu instal ulang lagi ga windowsnya sob?? :)

tas sekolah mengatakan...

makasih nih infonya ssangat bermanfaat .. saya coba cek bagin-bagina komputer dirumah ...

Anonim mengatakan...

ok

berbagi cerita mengatakan...

Anonim : mungkin coba menggunakan system restore , silahkan direstore dikondisi sebelum install chrome..

ulama mengatakan...

diantara 10 kui kasus komputerku seng ndi yooo ?

Reza Winu mengatakan...

saya udah coba yang masuk ke bios selama beberapa menit, panas CPU di HW monitor sampai ke 60C dan M/B sampai ke 44C apa ini normal, tapi kendala pas udah masuk ke windows dan terlihat layar backgroud langsung restart komputernya. apa ada yang salah?

Anonim mengatakan...

Gan, saya mau nanya.
Komputer saya tiba² restart waktu install Avira Antivirus Premium, padalahn OS udah saya ubah dari Windows XP SP2 menjadi SP3.
Itu kenapa Gan ? tolong pencerahannya.

Terima Kasih.

Rayy Sukmawaty mengatakan...

dari awal nyalain aja udah ngerestar lagi nih, masuk bios aja gak bisa2 -_-
gimana ?

Agen Pulsa Tronik mengatakan...

Masukkan ke tukang servis aja ah, daripada tambah rusak . . . hehehehe

berbagi cerita mengatakan...

Bursa Taruha Bola : monggo baca baca sob

pete : nah itu bener banged gan... masalah virus biasanya agak resek wwkwk

rudy : ya sama sama mas

Supercoolzz : ya sama sama gan :D

Rizky AJi : ya silahkan bang... tapi kasih link sumber ya :D

anonim : beberapa kejadian seperti itu... butuh diupgrade dari browsernya gan ..atau mungkin bisa agan scan dulu dari registry

Hervana : biasanya kalau ane mah tak install ulang gan :D

Tas sekolah : ya gan .... semoga bisa bermanfaat :D

Ulama : lha komputer masnya yang rusak yang mana

REza : coba mas cek thermal pasta di prosesor biasanya kering
atau masnya coba lihat dibagian kipas prosesor mungkin
pergerakannya tidak optimal alias kotor atau dinamonya udah
lemah.. bisa mas semprot pakai semprotan pelumas.. seperti WD
dan sejenisnya

Anonim : beberapa kemungkinna bisa terjadi..
1.bisa saja system anda sudah terkena Virus komputer... sehingga membuat ketika ada antivirus yang dicoba diinstall langsung seperti itu... coba restore systemnya terlebih dahulu....

2.coba pakai antivirus lain .. sapa tahu itu avira ada inject virus yang bisa buat komputer agan restart sendiri


Agen : cara tercepat dengan mengeluarkan biaya gan wkwkwkkw :p

syakirurahman mengatakan...

Terima kasih sarannya gan.. kalo saya kayanya gara-gara ketidakcocokan driver karena komputer sering restart setelah saya menginstal salah satu driver untuk vga

Muhammad Fauzan mengatakan...

mau tanya nih gan!! kmptr sya kok tiba-tiba bnyi duar!! padahal sya lg enak2nye maen game . kira kira yg rusak apannya ya?

Muhammad Fauzan mengatakan...

mau nanya nih gan!! sya kan lg maen game,sejenis game berat gtu trus pas sya mau masuk ke game tba-tba cpu sya bnyi duar tpi dlmnya yg bnyi , trs bau asap kya kebakar gtu , sya langsung aja cabut alrn listrik nya gan!! tuh yg rsk bagian mnanya ya gan??

admin mengatakan...

syakirurahman : hem bisa jadi kemungkinan juga itu pak...
mungkin bisa menggunakan driver pack solution pak

muhammad fauzan : banyak kemungkinan tuh mas..
mungkin ada bagian di motherboardnya yang terbakar tu mas
kemungkinan biasaya kena chipsetnya mas... bisa juga kalau
ada vga card itu yang kena mas .. banyak kemungkinan mas
kalau kena hardware lebih baik langsung di service mas
jangan sampai nunggu dipakai lagi mas

Anonim mengatakan...

Tambah atu y mas pnybb kumpi sll restart..bahkan ga sempat msk bios..dan sering dilupakan am bengkel kumpi..(pengalaman pribadi)

Tombol / kabel restart ny konslet..akakakaka

Kalo procy sehat,vga sehat,power sehat,abs fresh install msh ttp restart..ad baik ny nyoba restart lg dan lgsg cabut kabel restart am power yg di mobo

Lia chacha mengatakan...

komputer anerestart terus.. disuruh tekan ctrl+alt+del sudah ane lakukan tpi tetep aja gk bisa msuk windows.. masak hrus ngistal ulang ke tukang service lgi ni dah ke 7 nya saya ngistal ktkang service gk sampai 1 blan kembali lgi restart terus sudah gnti kbel,memori,.. kira2 yg rusak itu apanya ya.. tolong dong aq frustasi nie otak sudah buntu,.. cari di mbah google tetep aja hasilnya sama...

noval mengatakan...

mas saya mau nanya, daya listrik rumah 900watt tp ko komptr sering ngerestart pas mau nyalain tv atau pompa air tp udh pake stavolt, kira2 penyebabnya apa ?

Anonim mengatakan...

bro..komptr saya kadang2 restart seharian,tp kadang bagus gak ad masalah,cma belakangan ini kq konek k,internet lama amat padahal jaringan ma kbpsnya kencang...thank"s.

SoftwarePSR mengatakan...

terima kasih gan infonya kebetulan PC saya mengalami hal yang serupa di atas

admin mengatakan...

anonim : haha ya itu faktor X yang agak aneh.. biasanya keliru dibagian kabel di mobonya juga.. ya bisa disebut konslet dibagian kabel restartnya :D

lia chaca : itu keterangannya waktu gimana ? apakah waktu sebelum masuk windows ta kak ? jika sebelum masuk windows ada kemungkinan itu hardwarenya mungkin di bagian kabel harddisk itu kurang stabil.. akibatnya gitu.. biasanya gitu... kalau sering restart bbiasanya kalau masalah baru fres install tapi tetep restart ada kemungkinan
prosesornya terlalu cepat panas akibat iso thermal udah kering..

Noval : hem saya dulu pernah seperti itu.. dulu saya stavol saya tancapi si monitor ama si pc akibatnya kalau nyalaen terlalu banyak ngerestart... mungkin permasalahan kita sama


anonim : coba cek suhu prosesor di bios ada kemungkinan karena terlalu panas.... mengenai internet ada kemungkinan itu adalah antivirus lagi update... atau mungkin kena virus dan virusnya itu mendownload kawan kawan mereka kurang lebih seperti itu logika yang saya tahu mas :D

software PSR : ya sama sama semoga bisa membantu :D

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons