Dapatkan info terbaru via Facebook. Silahkan klik LIKE / SUKA.

Powered By Blogger Widgets and warungbelajar

Rabu, 06 Februari 2013

Cara membuat web dengan CMS Wordpress




Hai sahabat Blogger, ketemu lagi dengan warung belajar... maaf lama tidak posting :D, masih nyelesaikan tugas kantor maupun tugas kampus yang mbludak, dan akhirnya musim liburan tiba, jadi bisa iseng lagi nulis..

Ukey meneruskan postingan sebelumnya ya kawan, masih mengenai web ditulisan ane sebelumnya "mengenal web" kita udah ngenal apa itu hosting dan domain, serta dipostingan ane yang lain "cara membuat web" membahas mengenai apa itu cms, dan bagaimana sebuah cms bisa dengan mudah digunakan untuk membuat website secara instan.


Kali ini ane mengajak teman teman blogger semua untuk belajar membuat web dengan CMS wordpress, jika sebelumnya ane lebih suka menggunakan joomla sebagai cms yang ane pakai untuk membuat sebuah website, beberapa bulan yang lalu teman ane mengenalkan wordpress sebagai cms yang sering dia pakai untuk membuat website, ane kira sih wordpress yang dia pakai itu wordpress yang biasanya dipakai untuk membuat blog... dan ternyata bukan, ini berbeda.. ternyata dari pihak wordpress mempunyai 2 versi :




1. Wordpress Free ( yang biasanya dibuat untuk Blog dengan alamat www.wordpress.com)


2. Wordpress yang versi CMS : jadi Wordpress yang versi biasanya banyak juga digunakan oleh developer web untuk membangun web secara instan.. dengan dukungan plugin serta template yang sangatlah powerfull, banyak sekali web didunia yang memakai wordpress, dan kabar baiknya wordpress mempunyai SEO yang lebih baik daripada CMS yang lainnya

lalu apa perbedaannya, didalam wordpress yang versi CMS terdapat dukungan Plugin dimana memudahkan proses custom dari web dengan platform wordpress ini..

Nah hal itu yang membuat ane penasaran dengan web ini, yang memang setelah dipelajari tidak begitu sulit dan tidak begitu rumit, serta dukungan plugin yang sangatlah lengkap baik itu plugin yang sifatnya free ataupun berbayar, dan di artikel kali ini saya akan membagikan beberapa tutorial cara membuat website dengan menggunakan Wordpress, disini saya membuat website dengan mode offline ya, dan nantinya ada tutorial juga yang membahas mengenai bagaimana caranya melakukan upload data web offline menjadi online...

Beberapa hal yang harus anda lakukan sebelum membuat web dengan wordpress adalah :
1. Download dulu web server, Database server, anda bisa menggunakan :
Xampp dengan Versi 1.77 keatas ataupun menggunakan Appserv 2.5

2.lalu silahkan install di komputer anda, disini saya cantumkan tutorial untuk melakukan install xampp atau appserv...

3.Download juga CMS Wordpress Di situs resmi dari Wordpress Nb : jangan menginstall keduanya, silahkan install salah satu saja xampp atau appserv cara penggunaannya sama, yang berbeda hanya letak web direktorinya saja nantinya akan ada penjelasannya di tutorial yang saya sertakan...
Beberapa Tutorial yang telah saya buat....


ini beberapa Tutorial yang sudah ane buat, silahkan agan sedot bila agan berkenan, semoga bermanfaat ye gan :D :





1.Di tutorial pertama ini ane membahas mengenai bagaimana cara : - menginstall wordpress secara offline - membuat page -membuat post berdasaran kategori - membuat menu - pengaturan seo friendly Tutorialnya silahkan disedot ye bang :D



2.Di tutorial kedua ini ane mbahas mengenai bagaimana cara untuk mengganti template wordpress, serta bagaimana memaksimalkan add on dari mozilla firefox.. yaitu firebug, untuk memanipulasi template yang sudah anda install di wordpress anda... dalam tutorial ini saya menggunakan Mozilla versi 17.saat ini mozilla sudah mencapai versi 18 jika terjadi error pada saat menginstall firebug secara offline menggunakan file installer firebug yang saya sertakan.. silahkan anda install secara online saja lewat menu add-on pada mozilla


3.Di tutorial ketiga ini ane bahas mengenai bagaimana cara membuat template sendiri dengan menggunakan software template maker yang bernama artister.. jadi ini adalah pengembangan dari tutorial kedua yang membahas mengenai template, untuk software artister silahkan di sini, dan untuk anda yang menggunakan OS win xp, anda harus menginstall net framework 2.0 silahkan klik disini untuk menginstall


Untuk Artisteer bisa anda download di torrentz silahkan klik disini dalam contoh ini saya menggunakan versi 3.0 jika anda masih bingung mengenai bagaimana cara download di torrentz silahkan baca artikel saya sebelumnya "cara dowload file di torrentz"


4.Bab ini akan membahas mengenai plugin, apa itu plugin ... plugin sendiri adalah sebuah software tambahan yang digunakan untuk menambah fitur web cms yang anda buat, dalam contoh kali ini saya akan membahas mengenai plugin untuk membuat guest book (buku tamu) silahkan download tutorialnya :


5.Tutorial ane kali ini adalah membahas mengenai bagaimana cara untuk membuat sebuah galeri photo menggunakan plugin NEXTGEN GALLERI, caranya cukup mudah kok, silahkan saja download tutorialnya disini :



6.Tutorial ke 6 ini saya membahas bagaimana cara untuk membuat sebuah contact form , apalagi itu contact form ?? haha bingung ya, fasilitas contact form dalam sebuah web digunakan apabila pengunjung web anda ingin berkomunikasi dengan admin, entah itu mau menawarkan jasa, atau membeli sebuah produk yang anda tawarkan di web anda, atau memasang iklan di web anda.
Lalu bagaimana caranya untuk berkomunikasi ? ketika ada user yang mengisi contact di web anda, maka pesannya akan masuk ke email anda yang anda tulis ketika mensetting menu contact form.. karena disini menggunakan fasilitas email untuk media komunikasinya ,anda diharuskan untuk membuat website secara online, menggunakan hosting yang gratis dan domain yang gratis pula disini juga akan ane jelaskan bagaimana mendaftar dan menginstall web secara online.. jadi nantinya anda tidak menggunakan lagi localhost/namafolderweb tapi sudah www.blablabla.com keren bukan :D



7. Di tutorial Ke 7 ini akan membahas bagaimana caranya membuat fasilitas download dan upload pada cms wordpress jadi jika anda pernah menemui website ada fasilitas untuk download baik itu mp3 seperti misshacker kalau yang dulu mungkin sekarang udah kagak ada ye gan :D. nah anda bisa membuat menu seperti itu dengan menggunakan plugin wp file base...

 untuk file yang anda upload anda bisa menggunakan file anda sendiri, karena disini ane tidak menyertakan contoh file yang diupload yang sama persis dengan isi tutorial :D


8. Di tutorial Ke 8 ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara untuk membuat sebuah forum dalam sebuah web wordpress..plugin yang saya gunakan adalah BBPRESS .
langsung saja ya ini gan :

Part 1
Part 2
Part 3
Part 4
Plugin
9.ini adalah tutorial terakhir untuk bab ini .. yaitu bagaimana cara untuk mengupload online web anda.. jika ditutorial sebelumnya saya telah bahas menggunakan mode offline.. nah di bab ini saya bahas bagaimana upload web offline tadi kedalam hosting (Hosting Free) dan bagaimana setting domain serta setting database..
Hosting yang saya gunakan adalah 1freehosting.com
Untuk file zilla silahkan download disini

Tutorialnya Silahkan Download Disini bentuknya PDF kok gan

Nah sampai sini dulu ye gan untuk tutorial ane...nanti disambung lagi.. di tutorial lainnya :D
ukey gitu saja dulu tutorial Membuat web dengan CMS Wordpress, Happy Sharing.... :D

Jika anda suka dengan artikel di blog ini.Silahkan berlangganan GRATIS via EMAIL.Isi alamat email anda di bawah ini

Masukkan Email anda disini:

Delivered by FeedBurner

Baca Artikel Menarik Lainnya Gan

11 komentar:

berbagi cerita mengatakan...

tes

Anonim mengatakan...

terimakasih atas ilmunya pak guru

Aditya mengatakan...

gan, kalo webnya dipakein hosting .com bisa gak? terus, apa aja penyedia layanan hosting .com yang terpercaya/recommended di indonesia? thanks..

pulau Tidung mengatakan...

terimakasih untuk infonya membuat website dengan mengunakan wordpress sangat membantu saya dalam mengenal cms wordpress

Jefry mengatakan...

saya juga menggunakan cms wordpress, ternyata cukup mudah nie
nice share

cobacoba.coba2 mengatakan...

tes juga

Dede Nuharta mengatakan...

gan gimana cara buat datepicker pada wordpress?>

design and website digital agency mengatakan...

wordpress bisa dibilang salah satu CMS yang paling populer, selain mudah dalam operasionalnya wordpress juga sudah dilengkapi dengan plugin yang lengkap, bahkan sudah bisa disulap menjadi ecommerce. nice tutorial bro...

pustakabisnis mengatakan...

Thanks gan.. Sangat membantu, tutorial yg menarik.

echoy mengatakan...

ditunggu gan updatenya
lagi belajar di nomor 3 nih gan
makasih sebelumnya gan

admin mengatakan...

@anonim : ya sama sama :D

Aditya : Bisa aja .. tinggal beli domainnya..
tapi setahu saya kalau agan mau pakai .com biasanya
harus beli domain yang disediain oleh wordpress.
kalau saya biasanya sih di jagoanhosting.com
mereka bagus dalam pelayanan sama supportnya...
dan deket juga dari rumah :D.. tapi kalau domainnya beli di
selain wordpress sendiri biasanya harus sama hosting sekalian mas.. jadi nanti diinstall di hosting tersebut...

pulau tidung : ya gan sama sama :D

jefry : ya bener tuh mas .. mudah sekali :D

dede nurhata : cari aja pluginnya pak coba cek disini
http://wordpress.org/extend/plugins/search.php?q=color+picker+

design : ya semoga bisa bermanfaat :D

pustakabisnis : ya semoga bisa bermanfaat :D

echoy : ya ukey segera saya update mas :D semoga bermanfaat :D





Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons