Belajar HTML Part 10 Membuat Kutipan pada HTML

Posted on Posted in Tutorial HTML

Setelah dalam tutorial sebelumnya kita belajar mengenai tag subscript dan superscript di HTML yang digunakan membuat pangkat dan formula kimia, nah dalam tutorial kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara membuat text kutipan di HTML.

Anda dapat membuat kutipan di HTML dengan menggunakan 2 tag yaitu <blockquote> dan <q>, lho kok ada 2 tag, nah akan kita bahas mengenai kedua fungsi dari 2 tag ini didalam artikel ini.

baik kita mulai ya.

 

Tag <blockquote>

tag ini digunakan untuk membuat kutipan yang textnya cukup panjang, tag ini bersifat block element, yang artinya jika anda menggunakan tag ini otomatis akan berpindah baris textnya.

bingung ya, baik kita akan coba ya, silahkan tuliskan skrip dibawah ini di text editor anda.

silahkan di save lalu silahkan lihat hasilnya di browser anda

blockquote pada html

nah terlihat kan ada kutipan yang secara otomatis pindah garis, dan menjorok ke kanan, itu adalah karena kita menggunakan tag <blockquote>, baik cukup mudah kan, lanjut ke tag selanjutnya

 

Tag <q>

setelah di tag <blockquote> kita telah belajar membuat sebuah kutipan di dalam html, nah selanjutnya kita akan membuat kutipan lagi tetapi menggunakan tag <q>, tag ini hampir sama fungsinya dengan tag <blockquote> tapi ada beberapa perbedaan dari hasil kutipan yang dihasilkan.

baik agar tidak bingung langsung saja anda buat skrip seperti dibawah ini :

silahkan di simpan, dan buka di di browser, maka hasilnya adalah seperti berikut ini :

tag blockquote di html

nah hasilnya seperti gambar diatas, lalu apa pembedanya dengan kutipan yang menggunakan tag <blockquote>, perbedaannya antara lain :

  • tag <q> merupakan versi inline dari <blockquote> yang artinya tidak akan berganti garis jadi kutipannya langsung berlanjut di text selanjutnya
  • tidak adanya text yang menjorok ke sebelah kanan, karena itu jika anda membuat kutipan yang panjang ada baiknya menggunakan tag <blockquote>
  • kutipan akan otomatis ditambahkan sebuah tanda petik jika anda menggunakan tag <q>

nah jadi itulah perbedaan kutipan yang menggunakan tag <q>

 

nah jadi kurang lebih seperti itulah cara membuat sebuah kutipan text di dalam HTML, mudah bukan anda tinggal memilih menggunakan tag <blockquote> ataupun tag <q>, sekian dulu tutorial mengenai html di part 10 ini ya, akan kita lanjut di tutorial selanjutnya.
 

Anda serius ingin menguasai HTML ?

Warung Belajar telah membuat DVD Tutorial “Tutorial HTML – White Box“. DVD Tutorial ini membahas HTML dengan lebih lengkap dan detail. Penjelasan lebih lanjut bisa ke: Tutorial HTML – White Box

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *