Belajar HTML Part 25 Cara Membuat Input Hidden di Form HTML

Posted on Posted in Tutorial HTML

Jika dalam tutorial sebelumnya kita telah membahas mengenai cara membuat input dengan type image di form HTML yang bisa anda gunakan sebagai inputan untuk menentukan inputan koordinat pada gambar yang diinginkan, nah dalam tutorial kali ini kita akan membahas hal yang cukup penting juga, yaitu inputan dengan type hidden, waduh inputan apaan tuh ?? hidden gak kelihatan donk ?? penasaran, baik langsung saja kita bahas.

Input dengan type hidden ini digunakan untuk membuat inputan yang tidak terlihat di form pada saat diakses di browser, lalu kalau tidak ditampilkan apa fungsinya ?

jadi begini teman – teman inputan type hidden ini digunakan untuk mengirimkan data yang sifatnya rahasia, semisal digunakan untuk mengirimkan token form, ataupun id dari data saat membuat fitur edit pada form, jadi meskipun tidak tampil pada form, tetap ada data yang akan di proses pada form, agar tidak bingung saya akan contohkan untuk skripnya :

semisal saya simpan dengan nama type_hidden.html, lalu saya buka di browser :

input_hidden_form_html

terlihat hanya ada tombol kan inputan hidden tidak terlihat, lalu coba kita klik tombol kirim.

input_hidden2_form_html

otomatis akan memanggil file proses.php dan coba anda perhatikan ada nilai yang dikirimkan dengan nama token dan valuenya 12345678 hal itu karena kita menambahkan inputan dengan type hidden.

Bagaimana mudah kan ??

nah itu dulu tutorial singkat mengenai pembahasan input dengan type hidden, mungkin cukup pendek ya teman – teman ya karena memang seperti itu fungsinya dan karena hidden sehingga attribute lainnya tidak banyak yang digunakan, baik sekian dulu di tutorial selanjutnya kita akan membahas mengenai bagaimana cara membuat select box pada bagian form HTML, semoga bermanfaat sampai jumpa di tutorial selanjutnya.
 

Anda serius ingin menguasai HTML ?

Warung Belajar telah membuat DVD Tutorial “Tutorial HTML – White Box“. DVD Tutorial ini membahas HTML dengan lebih lengkap dan detail. Penjelasan lebih lanjut bisa ke: Tutorial HTML – White Box

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *