struktur dasar html

Belajar HTML Part 4 Struktur Dasar HTML

Posted on Posted in Tutorial HTML

Hai bertemu lagi dengan warung belajar, dalam tutorial ini masih akan membahas mengenai Belajar HTML. Setelah dalam tutorial sebelumnya kita sudah membahas mengenai apa itu tag,element dan attribute, pastinya teman – teman sudah paham kan.

Nah di tutorial ke 4 ini kita akan membahas mengenai struktur dasar yang ada pada HTML, jadi ketika anda menuliskan sebuah skrip html akan terdiri dari beberapa strukur yang harus anda ketahui.

Silahkan dilihat dari skrip yang sudah kita tuliskan di tutorial HTML Part 2 mengenai skrip sederhana HTML, kita sudah menuliskan skrip seperti berikut ini :

Jadi skrip HTML itu seharusnya memiliki beberapa struktur dasar yang perlu ditulis antara lain :

  1. Tag DTD atau Doctype
  2. Tag HTML
  3. Tag Head
  4. Tag Body

Nah Tag diatas adalah struktur dasar dari HTML yang seharusnya harus ada di setiap file html yang anda tulis, kita akan pelajari satu persatu.

 

Tag DTD atau Doctype

Tag DTD atau Doctype ini digunakan untuk memberi tahu browser bahwa kode yang anda tulis adalah skrip HTML, dan akan di proses oleh browser sebagai kode HTML. DTD adalah singkatan dari Document Type Declaration.

Penulisan DTD dengan skrip <!DOCTYPE html> karena kita menggunakan versi HTML 5 yang merupakan HTML versi HTML terbaru, jika di versi dari html sebelumnya penulisannya cukup panjang :

<!DOCTYPE html PUBLIC “-//W3C//DTD XHTML 1.0 Strict//EN”

“http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-strict.dtd”>

Saya menyarankan untuk anda menuliskan dari tag DTD di bagian awal dari HTML, agar browser akan mengenali web anda dengan mode quirk mode, waduh istilah apa lagi nih, quirk mode adalah istilah yang digunakan oleh browser yang akan membuatnya mengenali halaman html yang anda buat secara baik dan optimal.

 

Tag HTML

Berikutnya adalah tag html, seluruh kode html yang anda tulis harus dituliskan di antara tag <html> dan </html> jadi tag ini wajib anda tuliskan ketika membuat file HTML

 

Tag Head

Setelah tag HTML adalah tag Head, di antara tag <head> dan </head> ini biasanya dituliskan dari deklarasi ataupun link dari file css ataupun javascript.

Nah kalau di dalam contoh anda melihat ada sebuah tag <title></title> tag ini digunakan untuk memberikan title dari websitenya, tulisan diatara tag <title></title> akan tampil di tab browser ketika anda membuka file htmlnya.

 

Tag Body

Nah berikutnya adalah tag body, didalam tag ini kita akan banyak menulis skrip dari HTML, seperti paragraph, image, table, list dll. Jadi yang ingin anda tampilkan di websitenya perlu anda tuliskan di antara tag <body> dan </body>

 

Nah cukup mudah dipahami kan struktur dasar dari file html, jadi kalau diperhatikan dari contoh file html yang telah kita buat di part 2 :

  1. Bagian text “Belajar HTML” yang kita tulis di antara <title> dan </title> akan muncul di tab dari browsernya
  2. Dan text “Belajar HTML itu mudah” yang kita tulis di antara tag <body> dan </body> akan tampil di bagian browsernya

preview-html

Jadi cukup mudah bukan mempelajari dari struktur dasar dari HTML, sekian dulu tutorial mengenai struktur dasar dari HTML, sampai jumpa di tutorial belajar HTML berikutnya .
 

Anda serius ingin menguasai HTML ?

Warung Belajar telah membuat DVD Tutorial “Tutorial HTML – White Box“. DVD Tutorial ini membahas HTML dengan lebih lengkap dan detail. Penjelasan lebih lanjut bisa ke: Tutorial HTML – White Box

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *