Membuat paragraf di html

Belajar HTML Part 5 Cara Membuat Paragraf di HTML

Posted on Posted in Tutorial HTML

Bertemu lagi dengan warung belajar melanjutkan pembahasan mengenai HTML, jika di tutorial sebelumnya kita sudah membahas mengenai struktur dasar di HTML, di part 5 membahas mengenai cara membuat paragraf dan beberapa tag yang berhubungan dengan text.

Seperti yang anda ketahui peran paragraf cukup penting terhadap informasi yang ditampilkan di dalam website yang anda buat.

Sebenarnya kita bisa saja membuat artikel tanpa menggunakan tag paragraf. Nah untuk lebih mengetahui bagaimana peranan dari tag paragraf ini, silahkan ketikkan skrip dibawah didalam text editor anda.

semisal nih anda membuat 2 paragraf dengan skrip di atas, dan ditampilkan di dalam browser hasilnya adalah sebagai berikut :

paragraf tanpa tag paragraf html

seperti hasil diatas terlihat jika anda membuat lebih dari satu paragraf tanpa menggunakan tag paragraf yang terjadi adalah akan tetap dalam satu garis, karena itu ada baiknya menggunakan tag yang sudah di sediakan oleh html yaitu tag paragraf.

dengan menggunakan skrip diatas jika anda buka di browser maka masing masing paragraf akan berada di garis berbeda.

tag-paragraf99

Jadi ada baiknya jika memang membuat lebih dari satu paragraf menggunakan tag <p> dan di tutupn dengan </p>

 

 

 

Tag <br> untuk ganti Baris

Setelah kita belajar tag paragraf, selanjutnya adalah tag <br/> biasanya digunakan untuk ganti baris, atau disebut break, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa html tidak membaca spasi ataupun enter, karena itu untuk membuat text berganti baris silahkan gunakan tag <br/>

tag ini bersifat void element yang artinya tidak membutuhkan tag penutup.

maka yang terjadi ketika skrip di load di browser.

tag-br-html

Terdapat beberapa pergantian baris pada text yang tertulis di browser, anda bisa menuliskan tag ini dengan beberapa option <br> ataupun <br/>

 

 

Mengenal Tag <hr/>

tag ini digunakan untuk membuat sebuah garis di dalam HTML, sama seperti tag <br/> tag <hr/> ini juga bersifat void element atau tidak membutuhkan tag penutup.

maka hasilnya ketika diakses melalui browser adalah :

tag-hr-html

maka akan terbuat 3 garis seperti ini diantara kedua paragraf, anda bisa menuliskan tag ini dengan <hr> ataupun <hr/>

nah sekian dulu pembahasan mengenai html di seri tutorial ke 5 ini, kita sudah belajar mengenai bagaimana cara membuat paragraf, serta bagaimana cara berganti garis dan memberikan garis dalam paragraf di html.

 

Anda serius ingin menguasai HTML ?

Warung Belajar telah membuat DVD Tutorial “Tutorial HTML – White Box“. DVD Tutorial ini membahas HTML dengan lebih lengkap dan detail. Penjelasan lebih lanjut bisa ke: Tutorial HTML – White Box

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *