membuat heading di html

Belajar HTML Part 6 Cara Membuat Judul/Heading di HTML

Posted on Posted in Tutorial HTML

Setelah dalam tutorial sebelumnya kita sudah belajar mengenai bagaimana sih caranya membuat paragraf di html, nah sampai di tutorial html part 6, kita akan membahas mengenai bagaimana cara membuat judul di html, ya istilahnya adalah heading, biasanya kalau anda melihat sebuah artikel terdapat judul utama, lalu sub judul, nah itu adalah peran dari heading, langsung saja kita akan bahas.

dalam html terdapat 6 tingkatan heading yaitu, <h1>,<h2>,<h3>,<h4>,<h5>, dan <h6>.Lalu bagaimana urutan dari heading ini.

<h1> adalah heading yang paling besar artinya jika text menggunakan heading <h1> maka ukuran textnya akan paling besar daripada heading yang lain, dan <h6> adalah heading yang paling kecil, jadi anda bisa menggunakan <h1> untuk judul utama <h2> untuk sub judul dari <h1> dan seterusnya, jika text menggunakan tag heading otomatis ditampilkan dengan tampilan bold di browser.

nah ini akan kita coba membuat skrip sederhana untuk menampilkan text dengan menggunakan tag h1 hingga h6, silahkan buka text editor kesayangan anda dan silahkan anda ketikkan skrip dibawah ini :

jika ditampilkan di browser maka yang akan tampil adalah sebagai berikut :

heading-di-html

nah terlihat untuk text yang menggunakan tag <h1> paling besar dan text yang menggunakan tag <h6> yang paling kecil.

jadi anda bisa memanfaat fitur heading ini membuat judul dari artikel, semisal judul utama menggunakan tag <h1> dan sub judul utama menggunakan <h2> dan seterusnya.

pada penulisan artikel hal ini juga akan berpengaruh terhadap index dari search engine seperti google, karena beda penggunaan tag juga akan berbeda di penekanan judulnya, jika judul menggunakan tag <h1> itu akan lebih bernilai daripada tag <h2> dan seterusnya, secara umum tag <h1> itu lebih banyak digunakan sebagai judul dari artikel karena akan dianggap dari inti dari artikel yang akan diindex oleh search engine.

ya kurang lebih seperti itu dulu ya kawan, pembahasan mengenai heading yang digunakan untuk membuat judul di html, kita akan lanjutkan di tutorial selanjutnya.

 

Anda serius ingin menguasai HTML ?

Warung Belajar telah membuat DVD Tutorial “Tutorial HTML – White Box“. DVD Tutorial ini membahas HTML dengan lebih lengkap dan detail. Penjelasan lebih lanjut bisa ke: Tutorial HTML – White Box

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *