Cara membuat blog di wordpress

Posted on Posted in Tutorial Blog Wordpress

Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai cara membuat blog di wordpress, ya seperti yang telah dijelaskan dalam artikel sebelumnya, bahwa wordpress memiliki 2 versi yang salah satunya adalah wordpress.com, dengan menggunakan versi ini kita dapat membuat website dengan gratis hanya dengan bermodalkan email saja, gratis bro… gratis 😀

jadi jangan sia – siakan fasilitas yang diberikan oleh wordpress ini, banyak orang diluar sana memanfaatkan blog yang disediakan oleh wordpress untuk mengekpresikan hidup mereka dalam bentuk tulisan, maupun content content yang menarik, tak hanya itu anda juga bisa menggunakan fasilitas blog ini untuk media promosi dari perusahaan anda, ataupun promosi dari produk anda, langsung saja langkah – langkah cara membuat blog di wordpress adalah sebagai berikut :

Persiapkan email yang digunakan untuk pendaftaran.

ya seperti yang telah dijelaskan diawal untuk membuat blog di wordpress.com satu hal yang perlu dipersiapkan hanya email, udah itu aja…., nah klo belum punya email bisa mengikuti panduan di artikel saya sebelumnya cara membuat email di gmail.

Mulai proses pendaftaran blog di wordpress.com

silahkan anda buka website resmi dari wordpress versi blog , di http://wordpress.com  lalu silahkan klik tombol “Create Website”

Cara membuat blog di wordpress

Maka anda akan dibawa masuk kedalam halaman yang digunakan untuk memilih tampilan website yang akan digunakan oleh blog anda nantinya, dalam contoh ini saya akan menggunakan theme cubic (theme adalah istilah template tampilan yang akan digunakan di website anda), caranya tinggal klik saja di theme yang anda inginkan.

memilih tema blog

Menentukan alamat domain website

Setelah anda memilih tampilan dari websitenya, step selanjutnya anda bisa memilih alamat domain dari websitenya, nah dalam contoh ini saya menggunakan alamat domainnya adalah “blogwarungbelajar”, dalam kota pencarian domain yang tersedia saya tuliskan “blogwarungbelajar”, maka dari pihak wordpress terdapat beberapa daftar domain yang tersedia, dari mulai yang subdomain “blogwarungbelajar.wordpress.com”, domain dengan alamat “blogwarungbelajar.com”, “blogwarungbelajar.net” dan masih banyak lagi.

memilih domain blog

dalam contoh ini saya pilih “blogwarungbelajar.wordpress.com” karena hanya itu yang gratis :D, langsung saja saya klik tombol select pada bagian subdomain “blogwarungbelajar.wordpress.com”.

Menentukan tipe akun wordpress anda

memilih paket blog

step selanjutnya saya harus memilih paket blog, nah seperti yang telah saya jelaskan di awal, wordpress yang versi blog untuk gratis, tapi jika ingin menggunakan fitur yang lebih banyak bisa upgrade ke akun premium ataupun business, nah karena kita pakai yang gratisan, langsung saja klik tombol “Select free plan”.

Masukkan email, username, dan password akun

5

Selanjutnya anda harus memasukkan informasi identitas anda, anda diharuskan memasukkan email anda yang aktif, username dan password, setelah itu bisa di klik Create My Account, dan tunggu proses dari generate blog anda, setelah selesai blog anda akan tampil seperti gambar berikut.

6

gambar diatas adalah hasil blognya, kenapa kok ada tulisan ” nothing found “, karena kita belum membuat post di dalam blognya. nah untuk masuk kedalam admin websitenya, anda bisa menambahkan /wp-admin dibelakang dari domainnya, karena domainnya adalah blogwarungbelajar.wordpress.com maka saya tuliskan blogwarungbelajar.wordpress.com/wp-admin lalu silahkan anda klik enter.

7

8

nah gambar diatas adalah tampilan dari dashboard dari wordpress, di halaman ini anda dapat menagement dari halaman blog anda.

Verifikasi Pendaftaran akun di Email anda

Untuk step akhir anda harus melakukan verifikasi dari alamat email yang anda gunakan untuk mendaftar di bagian wordpress, caranya silahkan buka dari email yang anda gunakan untuk membuat websitenya, lalu silahkan periksa bagian inbox, maka anda akan menemukan email baru dari wordpress dengan subject “activate nama username anda”

10

silahkan klik email tersebut maka anda akan menemui link untuk mengaktifkan dari akun wordpress anda.

11

lalu silahkan anda klik tombol “Confirm Email Address”.

12

maka jika telah berhasil tampil notifikasi seperti gambar diatas, yang menandakan bahwa akun dari wordpress anda telah aktif.

sekian dulu tutorial kali ini. kita telah belajar cara membuat blog di wordpress, akan saya sambung di artikel – artikel selanjutnya, sekian dulu sampai jumpa 😀

 

 

 

9 thoughts on “Cara membuat blog di wordpress

  1. Luar biasa postingannya. Disamping dibimbing dengan teks, juga ada gambarnya.
    Postingan yang akan datang, dibahas dong gan tentang Bagaimana menerapkan seo onpage pada website wordspress tersebut.

    Sukses terus ya gan……

    1. terima kasih gan, iya ini saya sedang belajar juga mengenai seo onpage, semoga di tutorial selanjutnya kita bisa bahas 😀

    1. ya terima kasih, semoga artikel sederhana ini bisa membantu teman – teman yang ingin mencoba membuat blog untuk keperluan pembuatan bisnis online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *