Cara Menggunakan Composer untuk project PHP

Composer merupakan tools yang dapat digunakan untuk membantu anda dalam memanagement project PHP yang sedang anda kerjakan.

Fungsi Composer yang sering digunakan adalah untuk mendownload library yang digunakan saat pembuatan project PHP, dan fungsi inilah yang akan kita bahas dalam tutorial kali ini.

Kenapa harus menggunakan Composer 

Semisal anda sedang mengerjakan project PHP, lalu anda memerlukan beberapa library untuk melengkapi fitur project yang sedang anda kerjakan, semisal fitur untuk pembuatan fitur report pdf ataupun excel, dan beberapa fitur yang lain.

Anda bisa saja mendownloadnya secara manual, lalu meletakkan di direktori project PHP anda, tapi masalahnya beberapa library biasanya saling terkait antara 1 library dengan library yang lain.

Maksudnya adalah seperti berikut ini, saat kita memerlukan Library A, Library A membutuhkan Library B dst, istilah itu disebut depedency (keterkaitan / ketergantungan)

Hal tersebut akan menyulitkan anda jika harus menginstallnya secara manual, nah karena hal ini kita memerlukan peran dari Composer.

Nah dalam tutorial ini kita akan belajar menginstall Composer, serta belajar untuk menginstall library dengan menggunakan composer.

 

Cara Menginstall Composer

Sebelum kita mencoba instal library dengan menggunakan composer, kita diharuskan untuk menginstall composer terlebih dahulu, untuk dokumentasi lengkap instalasi composer bisa melihat di situs resmi composer : https://getcomposer.org/doc/00-intro.md

Disini kita akan coba menyederhanakan penjelasannya, untuk contoh disini kita menggunakan Microsoft Windows sebagai Operating Systemnya.

Untuk pengguna Windows bisa download installer composer di : https://getcomposer.org/Composer-Setup.exe

Anda akan mendownload file installer dengan nama Composer-Setup.exe

 

Langkah – Langkah instalasinya adalah sebagai berikut :

1. Untuk proses instalasi menggunakan koneksi internet, jadi pastikan anda terkoneksi dengan koneksi internet.

 

2. Silahkan klik 2 x pada file Composer-Setup.exe, hingga muncul tampilan Composer Setup seperti gambar dibawah ini, klik next.

 

3.Berikutnya pilih posisi dari file php, dalam contoh ini file php terletak di folder instalasi xampp, karena kita menggunakan xampp, silahkan anda menyesuaikan tempat dari file php, berikutnya klik tombol next.

 

4. Berikutnya anda bisa setting proxy, jika koneksi internet yang anda gunakan menggunakan proxy, jika internet anda tidak menggunakan proxy, anda bisa melewatkan bagian ini, lalu klik next

 

5. Berikutnya silahkan tombol install, untuk memulai proses instalasi

 

6. Tunggu proses instalasi, hingga proses instalasi selesai, lalu klik tombol Finish.

 

7. Untuk melakukan pengecekan apakah composer telah terinstall dengan benar, anda bisa membuka terminal / Command Prompt, lalu ketikkan composer –version, dan tekan Enter

Jika muncul Informasi Versi dari composer, berarti proses instalasi composer telah berhasil.

 

Menggunakan Composer

Setelah proses instalasi, berikutnya kita akan coba menggunakan composer, baik langkah – langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Silahkan buat dulu folder di direktori web kita, dalam contoh ini karena kita menggunakan xampp, sehingga kita buat foldernya di C:/xampp/htdocs, dalam contoh ini saya buat sebuah folder dengan nama belajarcomposer

 

2. Berikutnya silahkan masuk kedalam terminal, dan akses halaman tersebut, dan ketikkan composer init lalu tekan enter.

Berikutnya anda diharuskan mengisikan beberapa bagian informasi melalui comand prompt, dalam contoh diatas kita isikan :

  • Package Name : warungbelajar/belajar-composer
  • Description : Untuk Kebutuhan Belajar Composer
  • Author : Aris Samsudin <arissamsudinonline@gmail.com>
  • Minimum Stability kita biarkan kosong
  • Package Type : project
  • License : GPL
  • Depedencies : no
  • Depedencies <require-dev> : no

Berikutnya perhatikan di folder belajarcomposer akan terbuat sebuah file dengan nama composer.json, dengan isi seperti berikut :

File tersebut berisi informasi yang sebelumnya kita masukkan melalui command prompt dengan perintah composer init, dibagian require tidak memiliki isi karena kita menuliskan no dibagian depedency.

 

Install Library Melalui Composer

Berikutnya kita akan belajar bagaimana caranya meginstall library melalui composer.

Kita akan coba belajar membuat report PDF dengan library DOMPDF.

Jika dalam tutorial sebelumnya : Membuat Report PDF menggunakan DOMPDF , kita masih mendownload library DOMPDF secara manual, kali ini kita akan install library DOMPDF melalui Composer.

 

Baik langkah – langkahnya sebagai berikut :

1. Buka Command Prompt / Terminal, dan masuk kedalam folder project PHP anda, dalam contoh ini adalah folder belajarcomposer, lalu tuliskan perintah :

berikutnya tekan enter.

 

2. Maka didalam folder belajarcomposer akan terbuat folder dengan nama vendor, dimana didalamnya terdapat beberapa folder yang berisi file library

Isi file composer.json juga berubah :

dibagian required terdapat dompdf karena kita menginstall library dompdf pada step sebelumnya.

 

Menggunakan Library

Setelah kita install dari library dompdf, berikutnya kita akan coba menggunakan library tersebut, kita akan buat report PDF dengan library DOMPDF, langkah – langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Buatlah file dengan nama report.php, lalu isikan didalamnya code seperti berikut :

 

2. Untuk melakukan test dari report, kita bisa mengakses halaman : http://localhost/belajarcomposer/report.php jangan lupa sebelum itu pastikan service apache sudah dijalankan.

Hasilnya akan otomatis mendownload file report dengan nama hasil_report.pdf, dengan tampilan seperti berikut :

 

Mencari Library Lain

Dalam tutorial sebelumnya kita sudah menginstall Library Dompdf, nah pertanyaanya kalau mau menginstall library lain bagaimana ??

anda bisa melihat nama library yang bisa anda gunakan dalam website :

https://packagist.org

Pada contoh ini kita akan coba menginstall library phpspreadsheet, library ini digunakan untuk membuat report berbentuk excel, silahkan akses website https://packagist.org lalu tuliskan phpspredsheet pada kolom pencarian

maka akan tampil hasil pencariannya, berikutnya silahkan klik nama library,

terlihat ada petunjuk instalasi, untuk menginstall phpspreadsheet kita gunakan perintah

 

Berikutnya buka terminal / command prompt, pastikan sudah masuk kedalam folder project kita, lalu kita tuliskan perintah diatas, lalu berikutnya tekan enter

Maka proses download library akan berjalan, nantinya jika selesai maka library akan terdownload dan file library akan tersimpan di folder vendor.

 

untuk file composer.json juga sudah berubah, dibagian require terdapat library phpspreadsheet

 

Cara Menghapus Library

Berikutnya jika anda ingin menghapus library dari project yang sedang anda buat, anda dapat menggunakan perintah :

Sebagai contoh kita akan menghapus library phpspreadsheet yang sebelumnya kita install, maka perintahnya adalah sebagai berikut :

nama dari library dapat dilihat dibagian require pada bagian file composer.json

Coba kita jalankan di terminal :

Jika proses selesai, coba isi file composer.json :

maka dibagian require, library phpspreadsheet akan hilang, begitu juga folder library phpspreadsheet di folder vendor juga akan menghilang.

 

Nah jadi bagaimana teman – teman mudah bukan penggunaan composer di PHP, anda dapat dengan mudah menginstall library sesuai kebutuhan project yang sedang anda bangun, jika ada yang ingin didiskusikan silahkan di kolom komentar, sampai jumpa di tutorial selanjutnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.