Cara Menggunakan Session di php

Selamat datang di tutorial warung belajar, melanjutkan pembahasan dari seri tutorial PHP, dalam tutorial kali ini kita akan membahas mengenai session di PHP.

Secara sederhana session merupakan data yang disimpan di sebuah server dan dapat digunakan / diakses secara global di server tersebut.

Lalu bagaimana contoh penggunaan session ?

Contoh penggunaan session yang sering digunakan adalah digunakan untuk pembuatan fitur login, session digunakan untuk menyimpan data user yang sedang login, sehingga jika ada halaman pada aplikasi yang mengharuskan pengguna login, anda hanya perlu login sekali, dan data login tersebut akan disimpan di session, data session ini yang akan diperiksa oleh setiap halaman yang memerlukan authentikasi login user, contohnya pada aplikasi social media atau email anda.

Baik langsung saja kita akan belajar mengenai session di PHP.

 

 

Memulai Session di PHP

Untuk memulai Session di PHP anda dapat menggunakan function session_start().

Baik dalam contoh kita akan membuat sebuah file dengan nama set_session.php, lalu tuliskan skrip seperti dibawah ini :

Keterangan :

  • Pada Line 2 kita menuliskan function session_start(); function ini digunakan untuk melakukan start pada session
  • Variabel session telah diset sebagai variabel global di PHP yaitu $_SESSION, sehingga untuk membuat session kita perlu menyimpannya di variabel $_SESSION.
  • Pada Line 3 kita menuliskan $_SESSION[“username”] = “administrator”; yang artinya kita akan membuat session dengan nama “username” dengan nilai “administrator”
  • Pada Line 4 kita menuliskan $_SESSION[“password”] = “12345678”; yang artinya kita akan membuat session dengan nama “password” dengan nilai “12345678”
  • sehingga saat file set_session.php dijalankan akan maka akan membuat session dengan nama username dengan nilai ‘administrator’ dan session dengan nama password dengan nilai ‘12345678’, session tersebut disimpan di server.

 

Cara menampilkan nilai session di PHP

Jika dibagian sebelumnya kita sudah menset session, yaitu session dengan nama username dan password, maka berikutnya kita akan belajar bagaimana cara menampilkan nilai session di PHP, baik dalam contoh ini kita membuat sebuah file dengan nama show_session.php

dengan isi code seperti berikut ini :

Silahkan jalankan fil dengan nama show_session.php, tapi sebelum itu pastikan anda sudah menjalankan file dengan nama show_session.php, maka akan menampilkan seperti berikut ini :

Keterangan :

  • Pada Line 2 kita menuliskan session_start(); karena kita akan mengakses session.
  • Pada Line 3 kita menuliskan echo “Username = “.$_SESSION[‘username’]; yang digunakan untuk menampilkan nilai dari session dengan nama username
  • Pada Line 5 kita menuliskan echo “Password = “.$_SESSION[‘password’]; yang digunakan untuk menampilkan nilai dari session dengan nama password.
  • Jadi bisa disimpulkan untuk menampilkan nilai dari sebuah session, anda tinggal menuliskan perintah $_SESSION[‘nama_session’], tetapi jangan lupa untuk menuliskan perintah session_start() jika ingin mengakses data di session

 

Update Nilai di Session

Berikutnya kita akan belajar bagaimana cara mengupdate nilai di session, untuk mengupdate / merubah nilai disession, anda tinggal melakukan overwrite pada nilai di session yang anda ingin rubah nilainya.

sebagai contoh silahkan buat sebuah file dengan nama update_session.php, dan tuliskan code sebagai berikut :

Silahkan jalankan terlebih dahulu file set_session.php yang telah kita buat sebelumnya, lalu berikutnya jalankan file update_session.php, maka file update_session.php akan menampilkan seperti berikutnya ini :

Keterangan :

  • Perhatikan nilai dari session username sudah berganti menjadi “staff” dan nilai dari session password sudah berganti menjadi “rahasia”
  • hal tersebut dikarenakan kita mengganti nilai pada session username dan session staff pada line 3 – 4 di file update_session.php
  • jadi untuk merubah nilai dari session, anda tinggal mendeklarasikan ulang nilai di session yang anda inginkan

 

Cara Menghapus Session

Berikutnya setelah anda belajar membuat, menampilkan serta mengupdate nilai session, berikutnya kita akan belajar bagaimana cara menghapus data session.

Silahkan buat file dengan nama delete_session.php

lalu tuliskan skrip seperti dibawah ini :

Jika file delete_session.php dijalankan maka akan menampilkan pesan error seperti berikut ini :

Keterangan :

  • Sebelum kita menghapus session kita perlu memanggil perintah session_start();
  • Pada Line 3 kita menuliskan session_unset(); perintah ini digunakan untuk menghapus seluruh nama variabel session yang ada.
  • Pada Line 4 kita menuliskan session_destroy(); perintah ini digunakan untuk menghancurkan session yang ada.
  • Sehingga pada Line 7 – 9 kita memanggil session username dan session password, akan menampilkan error, karena  session tersebut tidak ditemukan, hal tersebut dikarenakan kita menggunakan perintah session_unset(); dan session_destroy(); untuk menghapus dan menghancurkan session yang sudah terbuat.

 

Untuk mendownload source code belajar session silahkan klik disini

Baik sekian dulu tutorial kali ini , kita sudah belajar mengenai cara membuat session, menampilkan session, mengupdate dan menghapus session di PHP, jika ada yang ingin didiskusikan silahkan di kolom komentar. sekian dulu sampai jumpa di tutorial selanjutnya.

 

 

 

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.