LIFI Teknologi baru pengganti Wifi

Posted on Posted in Berita Teknologi

Li-Fi-technology

Wifi, ya alat ini yang selalu kita cari di tempat tempat umum, seperti cafe, warkop dan tempat tempat umum lainnya. kenapa sih kita cari wifi ? ya pastinya kita ingin terkoneksi ke internet, karena sekarang ini banyak sekali wifi gratisan yang passwordnya bisa kita dapat dengan membeli secangkir kopi dengan model model password yang unik seperti “beliduludong”, “orderduludong”, “rahasiaakulupa” dan masih banyak model password password yang aneh hehe..


yang akan di bahas oleh warung belajar disini bukan bagaimana cara untuk membeli kopi di warkop, atau gimana cara mendapatkan wifi tanpa order kopi, bukan… bukan itu yang akan saya bahas..
disini saya akan membahas mengenai sebuah teknologi baru yang sedang dikembangkan yang nantinya akan digunakan sebagai pengganti wifi..
seperti yang telah kita ketahui bahwa wifi adalah sinyal nirkabel yang di dalamnya terdapat internet.
nah perkembanganya ini nantinya proses penghantaran data itu bisa dilakukan dengan hanya memanfaatkan cahaya. wow kan..
teknologi ini bernama Li-Fi atau singkatan dari Light Fidelity, jadi dengan adanya Li-Fi sistem komunikasi menggunakan cahaya sebagai pembawa bukan frekuensi radio tradisional seperti Wifi.

nantinya cahaya ini bisa digunakan untuk menjangkau langsung ke beberapa perangkat yang menjadi tujuan akhir data, baik komputer, smartphone dan Smart Tv.. keren kan GGGAAAEEESSS..

saat ini sistem sedang dikembangkan oleh Oxford University dan Universitas College. Dalam sistem yang dinaman lifi itu, cahaya yang digunakan sebagai medium pengantar data di kabel serat optik.
cahaya yang dipancarkan akan di ambil, dan diperkuat lalu akan dipancarkan ke komputer secara nirkabel, sehingga perannya sama seperti wifi.

Lalu bagaimana dengan kelebihan dari lifi daripada wifi ?
Dari hasil percobaannya, Lifi itu keren lho… kecepatan transfer datanya mencapai 100 Gbps, yang artinya kecepatan itu berkali – kali lipat lebih kencang dari pada wifi standart Wi-Fi 802.11ac, yang saat ini untuk kecepatan tercepatnya adalah 7 Gbps… keren kan GAAAEEESS.

tapi di balik kelebihan dari Lifi itu, masih terdapat kekurangannya..
sistem lifi ini harus diterapkan melalui semacam base station yang ditempel di langit – langit sebuah ruangan, Lifi juga membutuhkan direct line of sight (Pandangan langsung) ke perangkat tujuan yang dilengkapi dengan receiver khusus. receivernya kurang lebih seperti cara kerja koneksi infra red yang terdapat gadget gadget lama yang hampir sudah menjadi kenangan..
karena kelemahan ini tim peneliti sedang mengembangkan cara untuk membuat sistem penjejak yang memungkinkan base station Lifi melacak posisi perangkat di dalam ruangan dan membuat sambungan. sehingga perangkat yang mengakses data dari lifi bisa di pindah – pindahkan, saya selaku penulis semoga bisa cepat selesai “Amin” 😀

lalu kapan lifi akan di kenalkan secara publik, nah itu saya sudah googling belum ada tanggal pastinya dari peluncuran teknologi ini,, yang kita doakan saja semoga lifi bisa segera terealisasi..
biar meskipun di warkop kita bisa streaming youtube atau download file gede dengan cepat 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *