crud menampilkan data

Selamat datang di tutorial warung belajar, melanjutkan seri tutorial PHP, sampai di part 41 kita akan melanjutkan pembahasan mengenai koneksi database dari php ke mysql.

Kali ini kita akan membuat fitur crud..

Buat teman teman yang belum mengenal istilah crud. Crud adalah singkatan Create, Read, Update, Delete, sederhananya dengan crud ini kita akan memanipulasi data dari database, baik menampilkan, menambahkan, mengupdate serta menghapus data di database dengan menggunakan PHP.

Nah mungkin ada yang berbeda dengan judul post warung belajar diatas, kok tulisannya MySQLi bukan MySQL ?? Bukannya kemarin kita membahas mengenai MySQL ya ??

Jadi begini teman – teman di PHP fungsi mysql_connect telah dinyatakan deprecated sejak versi 5.5, untuk link dokumentasinya : https://www.php.net/manual/en/function.mysql-connect.php

Karena itu PHP memberikan alternatif baru dengan menggunakan fungsi mysqli_connect, karena kita menggunakan PHP 7 sehingga kita harus menggunakan fungsi mysqli_connect.

Sebelum kita mulai pastikan teman – teman sudah membuat koneksi database yang telah kita bahas di tutorial sebelumnya : Membuat Koneksi database PHP dan Mysql

dan pastikan anda telah membuat database barang yang juga telah kita buat di tutorial tersebut.

 

Input data di database

Baik saya asumsikan anda sudah membuat koneksi ke database dan juga telah membuat database db_warungbelajar, seperti yang telah dibahas di tutorial sebelumnya, langkah selanjutnya kita akan input data ke database, langkah – langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Pastikan service mysqli sudah aktif, lalu silahkan masuk ke phpmyadmin dengan mengetikkan localhost/phpmyadmin di browser, lalu silahkan pilih database yang sebelumnya sudah kita buat, dalam contoh ini nama databasenya adalah db_warungbelajar.
  • Lalu silahkan klik tabel tb_barang
  • Lalu klik tombol Tambahkan
  • Lalu silahkan tambahkan beberapa data didalamnya, untuk bagian id_barang kita biarkan kosong, karena kolom id_barang bernilai auto increment, setelah barang diinput klik tombol Kirim

kita asumsikan anda telah menambahkan beberapa data di tabel tb_barang.

 

Tampilkan data dengan koneksi mysqli

Kita akan modifikasi file koneksi.php yang sebelumnya telah kita buat di tutorial sebelumnya hanya berisi class saja, perhatikan skrip dibawah ini :

Keterangan :

  • Skrip tersebut kita set hanya berisi class database saja..
  • Kita buat property baru dengan nama $koneksi (Line 8) digunakan untuk menyimpan hasil koneksi database
  • Pada line 10 kita menyimpan hasil koneksi didalam variabel $koneksi
  • Perintah pada line 11 digunakan untuk melakukan pengecekan jika koneksi gagal maka akan menampilkan pesan error.
  • Pada Line 16 kita buat function tampil_data yang difungsikan untuk menampilkan data barang.
  • Pada Line 18 kita menuliskan perintah untuk untuk berkomunikasi dengan database dengan perintah mysqli_query, pada perintah myqsli_query memiliki 2 parameter, parameter pertama adalah hasil koneksinya dalam hal ini adalah property $koneksi, dan parameter kedua adalah perintah query, dalam contoh ini kita menuliskan “select * from tb_barang” yang artinya menampilkan data yang ada pada tabel tb_barang.
  • Pada Line 19 kita menggunakan perintah while untuk melakukan perulangan sejumlah data yang ada pada table tb_barang, kita menggunakan perintah mysqli_fetch_array akan akan mengkonversi setiap record datanya menjadi sebuah array.
  • Hasil extract data akan disimpan didalam array $hasil (Line 20), dan variabel $hasil akan dikembalikan nilainya dengan perintah return $hasil (Line 22)

 

Setelah kita memodifikasi file koneksi.php berikutnya silahkan buat file dengan nama tampil_data.php yang kita letakkan di 1 folder yang sama dengan file koneksi.php

pada file tampil_data.php kita berikan skrip seperti dibawah ini :

 

Jika dijalankan akan menampilkan seperti berikut ini :

Penjelasan :

  • Pada line 2 kita include file koneksi.php yang berisi koneksi ke database
  • Pada line 3 kita buat object dengan nama $db dengan class database.
  • Pada line 4 kita memanggil fungsi tampil yang berada pada class database melalui object $db, hasil pengembalian nilai dari function tampil_data yang berisi data tabel tb_baranag akan disimpan di variabel $data_barang.
  • Pada line 23 kita menggunakan perintah foreach untuk extract data dari variabel $data_barang yang telah berisi record data di tabel tb_barang dimana masing – masing perulangannya akan dimasukkan ke dalam variabel $row.
  • Pada line 27 – 30 kita menampilkan data pada tabel tb_barang, kita menampilkan dengan menggunakan array $row, nah untuk elemen array seperti nama_barang (Line 27), stok (Line 28), harga_beli (Line 29), harga_jual (Line 30) itu disesuaikan dengan kolom pada tabel tb_barang.
  • Line 26 digunakan untuk menampilkan nomor disetiap barisnya.
  • Line 32 dan 33 kita membuat tombol Update, dan Delete dengan menggunakan tag <a> di html untuk tutorial link di HTML : membuat link di HTML

 

Untuk download source code bisa klik disini

Jadi kurang lebih seperti itu teman – teman pembahasan pembuatan CRUD di part 1, dimana kita telah membuat fitur untuk menampilkan data pada tabel di database, dengan menggunakan PHP dan MySQLi dengan konsep OOP, jika ada yang ingin didiskusikan silahkan di kolom komentar.

2 Comments

  1. fenty June 13, 2019

    kak untuk codingan update dan delete nya apa ya

Leave a Comment

Your email address will not be published.