Mengganti template wordpress

Posted on Posted in Tutorial Blog Wordpress

Pada artikel ini anda akan belajar mengenai bagaimana cara mengganti template wordpress, dimana fitur ini template ini adalah salah satu fitur penting yang perlu anda gunakan untuk membuat blog di wordpress.

Template itu apa sih ?

Template atau theme adalah fitur yang disediakan oleh wordpress yang digunakan untuk merubah tampilan dari website, jadi salah satu dari kelebihan wordpress adalah kemampuan untuk merubah tampilannya dengan mudah. Banyak sekali template yang disediakan baik itu yang free, ataupun yang berbayar, jadi dengan fitur template ini anda dapat dengan mudah merubah tampilan websitenya.

Berarti kalau kita bosan dengan tampilan websitenya dapat dengan mudah diganti ya ?

Ya benar sekali, anda tidak perlu bingung dalam hal tampilan, wordpress menyediakannya untuk anda kemudahan untuk merubah tampilan website bahkan dalam waktu kurang dari 1 menit, tampilan dari website anda akan berubah sesuai yang anda inginkan.

Dimana kita bisa mendapatkan theme dari wordpress ?

untuk versi wordpress yang blog anda sudah disediakan menu untuk mengganti dari template website anda, bagaimana caranya, silahkan ikuti langkah – langkah sebagai berikut :

1.Pastikan anda telah login ke dalam blog wordpress anda, jika belum silahkan anda lihat artikel warung belajar sebelumnya “cara login ke wordpress

2.Setelah anda masuk kedalam halaman dasbor, silahkan masuk ke dalam menu “Apperance” –> “Themes”1

3. Dalam menu themes, anda akan melihat beberapa theme/template yang bisa anda gunakan untuk blog anda2

Keterangan :

A  : adalah template yang saat ini sedang anda gunakan

B  : adalah contoh theme yang berbayar dimana untuk menggunakannya anda harus membayar, nah untuk template yang tidak terdapat tulisan harganya berarti itu template gratis yang bisa anda gunakan secara free

C  : adalah tab yang disediakan oleh wordpress, terdapat 3 pilihan, untuk trending adalah template yang saat ini sedang trend saat ini, untuk tab populer adalah template yang sedang populer saat ini, dan untuk tab newest adalah template yang baru.

D : adalah tab dimana anda bisa memilih template yang di tampilkan apakah all (semua), free (gratis), premium (yang berbayar)

 

4. nah untuk mengganti templatenya caranya mudah, silahkan anda pilih saja template yang anda inginkan, lalu silahkan anda arahkan kursor mouse anda di template yang anda inginkan, maka akan terdapat 2 tombol yaitu “activate” dan “preview” nah untuk menggunakan template yang anda inginkan anda cukup klik tombol activate.

3

5. nah setelah proses pengaktivan dari template berhasil maka template yang dalam berhasil akan berganti, jika sebelumnya adalah cubic, selanjutnya yang aktif adalah canape.

4

6. lalu silahkan anda lihat websitenya maka tampilannya akan berubah.

5

nah jadi begitu mudah kan untuk merubah tampilan dari template websitenya, sekian dulu ya tutorial mengenai bagaimana cara mengganti template wordpress

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *