perbedaan wordpress.com dengan wordpress.org

Posted on Posted in Tutorial Blog Wordpress, Tutorial Wordpress

WP.com-vs-WP.org_

Pada tutorial wordpress bagian pertama kita akan membahas mengenai perbedaan dari wordpress.com dan wordpress.org, Mungkin beberapa dari anda sudah pernah mengenal istilah wordpress, atau mungkin baru pertama ini mendengar istilah wordpress. Jadi sederhananya wordpress itu adalah sebuah tools (alat) yang bisa digunakan untuk membuat sebuah website dengan mudah, hanya bermodalkan klik – klikan saja, udah jadi websitenya udah gitu aja 😀

Nah buat temen temen yang sudah pernah dengar istilah wordpress pasti banyak bertanya :

“wordpres itu yang biasanya digunakan untuk ngeblog kan, nanti alamatnya belakangannya berakhiran .wordpress.com”

“terus kalau semisal aku pingin langsung .com bisa gak ?”

“kalau buat website hanya dari wordpress biasa aja donk, kan Cuma bikin blog saja, apa bisa dijadikan website professional”

“kenapa banyak orang mengatakan bikin website pakai wordpress aja, kan setahuku wordpress itu Cuma blog biasa”

Dan masih banyak lagi pertanyaan – pertanyaan lain.

Saya pribadi dulu juga beranggapan seperti itu.. ada orang mengatakan buat company profile perusahaan, bikin toko online hanya dengan menggunakan wordpress, padahal wordpress kan itu Cuma blog biasa apakah bisa tuh ?

Ternyata wordpress itu keren pakai banget hehe, percayalah… :D, saat ini wordpress adalah cms(content management system) terpopuler di dunia, banyak sekali website – website professional diluar sana yang pakai wordpress sebagai platform website mereka.

Bentar bentar yang belum tahu istilah cms (content management system) itu mempunyai fungsi untuk management content (isi dalam website) dengan mudah, sederhananya anda dapat membuat website dengan sangaat mudah dengan bermodalkan klik klik saja 😀

Meskipun cms wordpress menjadi cms yang paling popular saat ini masih banyak yang belum tahu wordpress itu punya 2 versi lho yaitu sebagai berikut :

  1. WordPress dengan versi blog (wordpress.com)
  2. WordPress dengan versi cms (wordpress.org)

Lalu apa perbedaan dari wordpress.com dan wordpress.org , coba deh temen – temen perhatikan gambar di bawah ada beberapa penjelasan mengenai perbedaan 2 versi wordpress ini. gambar ini diambil dari wpmu.org

perbedaan wordpress.com dan wordpress.org
perbedaan wordpress.com dan wordpress.org

Nah penjelasannya kayak gini :

  1. wordpress.com dan wordpress.org sama sama bisa anda gunakan secara gratis, untuk wordpress dengan versi blog bisa anda gunakan secara instan dengan hanya mendaftar di wordpress.com dan bermodalkan email, anda akan memiliki website dengan alamat berakhiran subdomain .wordpress.com, nah anda bisa melakukan perubahan dari alamat websitenya menjadi domain utama, contohnya jika alamat sebelumnya adalah belajarwebsite.wordpress.com dapat anda rubah menjadi belajarwebsite.com hanya saja anda perlu upgrade ke fitur berbayar, untuk mendapatkan fitur ini.
  2. Jika menggunakan wordpress.org anda harus memiliki hosting dan domain sendiri jadi tidak ikut di hosting dari wordpress, anda bisa menentukan sendiri domain yang anda inginkan
  3. Perbedaan selanjutnya adalah penempatan file websitenya, jika menggunakan wordpress.com kita harus menyimpan file websitenya di hosting dari pihak wordpress (hosting adalah tempat penyimpanan websitenya), nah kalau menggunakan wordpress.org kita dapat memilih hosting tempat menyimpan file website. Hal tersebut berpengaruh pada access control dari websitenya, seperti dalam gambar ilustrasi diatas jika kita menggunakan wordpress.com kita dibatasi dalam hal custom plugin(penambahan fitur website), custom theme (tampilan website), dan ftp access (pengaksesan direktori web server secara lagnsung), tetapi dengan menggunakan wordpress.org anda diberikan akses control penuh dari websitenya sehingga anda bisa melakukan custom design/theme, plugin, content, monetization, dan performa website.
  1. Dalam Hal maintenance website jika menggunakan wordpress.com proses maintenance akan di lakukan oleh pihak wordpress, tetapi jika menggunakan wordpress.org proses maintenance akan dilakukan oleh anda selaku admin website, ataupun admin hosting.
  2. Kalau dilihat dari biaya dalam menggunakan 2 versi wordpress ini perbedaannya sebagai berikut :
    1. Untuk Hosting
      • WordPress.com memberikan biaya gratis untuk blog yang free (fitur standart) dengan subdomain (.wordpress.com) tapi jika anda ingin upgrade ke fitur premium, untuk menghilangkan subdomain (worpress.com) menjadi domain utama, semisal website anda itu alamatnya belajarwebsite.wordpress.com nah anda bisa mengganti menjadi belajarwebsite.com hanya saja anda akan dikenakan biaya untuk upgrade yang harus dibayar kan ke wordpress.
      • WordPress.org anda harus membayar paket hosting dan domain untuk menginstall dari cms wordpress, memang cmsnya gratis, tapi untuk media penyimpanan file websitenya(hosting), dan pengalamatan dari websitenya (domain) anda harus membayarnya, hanya saja untuk biayanya tergantung anda ingin sewa hosting dan domain dimana.Banyak sekali jasa penyedia hosting dan domain yang bisa anda temui di google, anda bisa ketikkan “jasa penyedia hosting dan domain”, anda bisa menyesuaikan biaya sewanya, karena setiap perusahaan penyedia hosting dan domain biasanya berbeda – beda dalam menentukan harga sewa hosting dan domainnya.
    2. Storage atau biaya disebut disk space, buat teman – teman yang belum mengerti mengenai istilah ini, storage adalah media penyimpan dari file websitenya, istilah storage biasanya berhubungan dengan ukuran dari tempat penyimpanan websitenya, jadi sederhananya semakin besar storagenya semakin banyak pula file website yang bisa disimpan. Jika menggunakan wordpress.com anda akan dibatasi oleh paket – paket storage yang disediakan oleh wordpress, berbeda halnya jika menggunakan wordpress.org besar storage anda bisa disesuaikan dengan hosting yang anda gunakan.
    3. Namanya barang gratisan, pasti ada iklannya, biasanya sih gitu , jika anda menggunakan wordpress.com biasanya akan muncul iklan, nah jika anda ingin menghilangkan iklannya anda harus membayar juga di wordpress, berbeda dengan wordpress.org anda tidak perlu membayar ke wordpress untuk menghilangkan iklannya, karena wordpress.org memang di desain untuk tidak menampilkan iklan di dalam websitenya.
  1. Jika anda menggunakan wordpress.com anda harus membuat websitenya langsung secara online, tetapi jika menggunakan wordpress.org anda bisa membuat websitenya secara offline, dan ketika sudah selesai anda bisa menguploadnya ke dalam hosting.

Nah itu kurang lebih beberapa perbedaan dari wordpress.com dan wordpress.org anda bisa menyesuaikan website anda akan menggunakan versi wordpress yang mana. Intinya jika menggunakan wordpress.com bisa lebih instan hanya saja untuk upgrade ada biaya tambahan dan fiturnya kurang lengkap, tapi kalau wordpress.org tetap ada biaya untuk sewa hosting dan domain, hanya saja fiturnya lebih lengkap karena access control hostingnya ada di tangan anda, jadi silahkan dipilih sesuai kebutuhan.

3 thoughts on “perbedaan wordpress.com dengan wordpress.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *