tips sehat duduk lama didepan komputer

10 Tips Sehat duduk lama di depan komputer

Posted on Posted in Tips & Trik

Hai selamat datang di warungbelajar, ketemu lagi dengan kita, dalam artikel ini kita tidak akan membahas mengenai tutorial web dulu, rehat dulu lah biar gak bosen.

Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai tips buat teman – teman yang biasanya suka duduk berjam – berjam di depan komputer, baik untuk yang bekerja atau untuk bermain game.

Tidak bisa kita pungkiri saat ini banyak sekali pekerjaan yang mengharuskan anda duduk berjam – jam di depan komputer, baik itu administrasi, programmer, pro gamer, desainer dan masih banyak lagi.

Tahukah anda kebiasaan kita duduk berjam – jam didepan komputer akan dapat memberikan dampak negatif dalam jangka waktu lama, karena itu warung belajar akan membahas mengenai tips agar tetap sehat meskipun duduk lama didepan komputer, baik langsung saja kita bahas satu persatu.

 

1. Istirahatlah Beberapa Saat tubuh anda

Biasanya nih kalau kita sudah asik kerja, kita bisa seharian duduk, padahal faktanya jika kita sudah melakukan hal yang sama dalam waktu yang lama dapat mengurangi fokus kita dalam mengerjakan pekerjaan, bener gak ?

Nah biasanya kita hanya bisa fokus dalam kurun waktu 1 hingga 2 jam saja, selebihnya fokus kita akan menurun, karena itu ada baiknya anda mengistirahatkan tubuh anda sejenak, anda bisa berdiri sejenak melakukan gerakan peregangan (Stretching) ringan sehingga otot anda dapat kembali rileks, atau bisa ngobrol ringan dengan rekan kerja anda,  hal ini bisa membuat anda lebih rileks untuk beberapa saat.

Setelah anda rasa rileks anda bisa melanjutkan pekerjaan anda kembali, dengan cara itu anda bisa dapat kembali fokus mengerjakan pekerjaan anda lagi.

 

2. Beristirahat setiap 30 Menit

Hal ini masih berhubungan dengan tips pertama, kami sarankan anda melakukan hal ini, istirahatkan tubuh anda setiap 30 menit.

Istirahat disini maksudnya bukan anda harus tidur – tiduran gitu, setidaknya anda bisa berdiri atau mengalihkan perhatian anda ke sekeliling anda, jadi tidak harus selalu melihat layar komputer secara terus menerus. Lakukan sekitar 5 hingga 10 menit, sehingga pengelihatan anda bisa kembali fresh dan bisa kembali melihat layar monitor untuk melanjutkan pekerjaan anda.

duduk tegak didepan komputer

3. Duduklah dengan tegak

Nah ini kebiasaan kita jika sudah terlalu lama duduk didepan komputer, tidak terasa cara duduk kita tidak bisa tegak, hal ini bisa membuat punggug kita terasa sakit jika terlalu lama duduk didepan komputer, lalu bagaimana dong duduk yang baik itu ? baik kita akan membagikan caranya versi warung belajar.

  1. Anda bisa mendorong pinggul kamu sejauh yang kamu bisa dari kursi.
  2. Anda bisa menyesuaikan tinggi dari kursi anda, usahakan telapak kaki kamu bisa menyentuh lantai dan buat lututmu agar berada sejajar ataupun lebih rendah dari pinggulmu.
  3. Posisi sudut kemiringan dari sandaran kursimu buat sekitar 100 – 110 derajat
  4. Buat punggung kamu senyaman mungkin, anda juga bisa menambahkan bantal untuk punggungmu agar punggungmu terasa lebih nyaman.

4. Posisikan Monitor dengan benar

Setelah anda mengatur bagaimana posisi duduk anda, selanjutnya anda bisa memposisikan monitor yang anda gunakan, ini adalah posisi monitor yang baik menurut warung belajar.

  1. Usahakan posisi leher anda bisa riles dan santai
  2. Buat posisi monitor itu berada didepanmu, jangan posisikan monitor terlalu miring, anda bisa menyesuaikan sudut vertical dari layar.
  3. Posisikan jarak monitor dengan mata anda, buat mata anda senyaman mungkin untuk dapat membaca dengan jelas text di monitor tersebut
  4. Atur pencahayaan dari layar monitor anda agar tidak terlalu terang ataupun tidak terlalu redup, anda bisa menyesuaikan dengan pencahayaan yang ada diruang.

5. Gunakan kacamata anti radiasi

Nah setelah kita mengatur dari monitor, kami sarankan anda juga menggunakan kacamata anti radiasi, untuk menghalau radiasi yang dihasilkan oleh layar monitor dalam kurun waktu yang lama.

 

6. Atur Posisi dari keyboard

Setelah bagian monitor kita atur, kita juga harus mengatur bagaimana posisi keyboard yang digunakan, anda bisa menggunakan kaki – kaki keyboard yang dipasang dibawah keyboard, biasanya di beberapa merk keyboard ada kaki – kaki ini yang bisa mengatur dari kemiringan dari keyboard, jika tidak ada kaki – kaki anda bisa menggunakan benda lain untuk mengganjal dari keyboard anda.

Selain itu anda juga harus memposisikan posisi tinggi dari keyboard yang anda gunakan, jangan buat terlalu rendah yang akan membuat anda sulit menggapainya, dan jangan terlalu tinggi sehingga membuat tangan anda cepat lelah untuk mengetik karena posisinya kurang nyaman.

7. Atur Posisi Mouse

Anda bisa mengatur posisi dari mouse, usahakan posisi dari mouse dekat dengan keyboard, sehingga memudahkan anda dalam menggerakkan mouse, gunakan bantalan untuk mouse pad sehingga pergelangan tangan nyaman, posisikan mouse jangan terlalu dekat dengan ujung dari meja itu akan membuat anda kurang nyaman dalam menggerakkan mouse.

minum air mineral

8. Jangan lupa Minum Air Mineral

Kebiasaanya nih pagi – pagi udah bikin kopi atau teh hangat lalu minumnya dikit – dikit eh gak terasa sampai sore gak habis – habis, sehingga lupa belum minum air putih sama sekali, nah ini juga bahaya, karena kita sebagai pekerja yang harus berlama – lama didepan komputer kita membutuhkan konsumsi air mineral dalam jumlah banyak, hal ini bisa membantu anda dalam menjaga kesehatan ginjal, serta melepaskan racun yang ada ditubuh anda.

Dalam sehari kita membutuhkan 8 hingga 10 gelas air mineral. Konsumsi air mineral ini sangat baik dapat pergantian mineral didalam tubuh kita, sehingga meskipun kita tidak bergerak dan hanya di depan komputer, tubuh anda masih dapat melakukan pergantian mineral dalam tubuh.

 

9. Manfaatkan makan siang anda sebaik mungkin

Manfaatkan dengan baik waktu makan siang anda, sebisa mungkin makan siangnya jangan didepan komputer apalagi dengan mengerjakan pekerjaan kantor.

Anda harus benar benar menikmati waktu istirahat anda sehingga anda bisa merasakan suasana baru dan memang benar benar menikmati makan siang anda, sehingga setelah makan siang anda dapat kembali fokus dengan maksimal untuk mengerjakan pekerjaan kantor.

 

10. Makanlah dengan Menu sehat

Meskipun pekerjaan anda hanya didepan komputer, tapi tetap anda harus memenuhi asupan nutrisi anda dengan mengkonsumsi makanan dengan menu sehat.

Jangan terlalu sering makan siang dengan mie instant aja hehe…

JIka anda suka ngemil snack ataupun camilan waktu didepan komputer anda bisa mengurangi kebiasaan tersebut karena ngemil   mengandung kolesterol dan kalori yang tinggi.
ya kurang lebih seperti itu yang warung belajar dapat bagi mengenai 10 tips agar tetap sehat meskipun duduk lama didepan komputer, jika yang ingin berdiskusi dan menambahkan tips bisa di kolom komentar, sekian dulu sampai jumpa di tips – tips lainnya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *