Belajar CSS Part 2 Mengenal Selector, Property, dan Value CSS

Posted on Posted in Tutorial CSS

Setelah di tutorial sebelumnya kita telah belajar mengenai apa sih fungsi dari CSS pada pembuatan halaman web, dalam tutorial kali ini kita akan membahas lebih lanjut mengenai bagian dari kode – kode css seperti selector, property dan value

Selector CSS

Seperti yang anda ketahui bahwa CSS digunakan untuk memanipulasi tampilan web yang telah disusun oleh tag HTML, seperti contoh di tutorial sebelumnya kita sudah membuat sebuah paragraf yang salah satu bagiannya kita rubah warnanya menjadi warna merah.

Nah peran dari selector ini adalah sebagai deklarasi objek (bagian) mana yang akan mendapatkan effect dari skrip CSS.

Semisal kita akan merubah warna text dari paragraf menjadi warna biru, maka selectornya adalah tag p karena yang kita rubah adalah paragrafnya.

contoh lagi semisal kita akan merubah sebuah tabel menjadi warna biru, berarti selectornya adalah tag table, jadi bisa kita simpulkan selector adalah bagian objek dalam sebuah halaman web yang akan diberikan effect dari skrip css

Jenis selector juga banyak, ada yang menggunakan tag seperti p,table,h1,h2 dan tag – tag lain, ataupun bisa menggunakan selector lain seperti class ataupun ID, untuk penjelasan detailnya kita akan bahas di tutorial selanjutnya.

Property CSS

Property digunakan untuk menentukan perubahan yang bagaimana yang diinginkan pada bagian selector, perubahan warna kah ?? perubahan tinggi kah ?? perubahan lebar kah ?? atau perubahan yang lain ??

Jadi semisal kita akan merubah tampilan paragraf, textnya akan menjadi warna biru, berarti selectornya adalah p, dan property adalah color, karena yang akan kita rubah adalah warnanya,  bagaimana mudah kan ??

Contoh lagi semisal dalam sebuah table kita akan merubah ukuran fontnya menjadi ukuran 18 px, selectornya adalah table dan property adalah font-size karena kita akan merubah ukuran dari fontnya, bagaimana mudah kan ??

Value CSS

Nah setelah kita belajar selector yang digunakan untuk menentukan bagian web yang akan diberikan effect CSS, dan property adalah jenis perubahannya, nah value ini adalah nilai dari property.

Semisal pada sebuah paragraf warna text akan dirubah menjadi warna hijau, maka selectornya adalah p, lalu property adalah color dan value adalah green karena kita akan merubah warna dari paragraf menjadi hijau, bagaimana mudah bukan ??

nah agar teman – teman lebih paham disini kita akan berikan ilustrasi gambarnya…

Jadi bisa kita simpulkan

  • selector adalah bagian objek yang akan mendapatkan effect dari skrip css
  • property adalah elemen yang akan dirubah dari selector yang dipilih
  • value adalah nilai dari property, atau nilai dari perubahan yang diberikan ke dalam selector

Baik itu dulu yang warung belajar bisa bahas di tutorial ini, kita sudah membahas mengenai selector, property, dan value pada css, dalam tutorial selanjutnya kita akan membahas mengenai beberapa cara penulisan dari skrip css, sekian dulu jika ada yang ingin didiskusikan silahkan di kolom komentar, sampai jumpa di tutorial selanjutnya.

2 thoughts on “Belajar CSS Part 2 Mengenal Selector, Property, dan Value CSS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *