Tutorial Belajar CSS Part 13 – Mengenal Web Safe Fonts

Posted on Posted in Tutorial CSS

Jika dalam tutorial sebelumnya kita telah belajar mengenai bagaimana cara merubah jenis font di HTML dengan CSS, dalam tutorial kali ini kita masih membahas tutorial css yang berhubungan dengan font, kita akan mengenal istilah web safe fonts.

Dalam tutorial sebelumnya telah kita bahas bahwa ketika kita mendeklarasikan property font-family untuk merubah jenis font yang digunakan di halaman web, sebenarnya browser akan memeriksa apakah font yang digunakan itu sudah terinstall didalam komputer pengguna web ?

Nah pertanyaannya disini, Apakah ada jenis font yang kemungkinan besar pasti ada (terinstall) di semua sistem operasi populer (seperti windows dan mac os) komputer saat ini ?

Nah istilah font yang memiliki kemungkinan besar terinstall ini kita sebut dengan istilah Web Safe Fonts.

Jadi istilah web safe font ini adalah kumpulan font yang aman untuk diset(digunakan) dalam tampilan web, karena memang kemungkinan besar telah terinstall di sistem operasi yang saat ini banyak digunakan seperti windows dan mac os.

Dari sumber website : https://websitesetup.org/web-safe-fonts-html-css/

terdapat 15 jenis font yang relatif aman untuk digunakan antara lain :

No Nama Font Tampilan
1 Arial Contoh Text
2 Helvetica Contoh Text
3 Times New Roman Contoh Text
4 Times Contoh Text
5 Courier New Contoh Text
6 Courier Contoh Text
7 Verdana Contoh Text
8 Georgia Contoh Text
9 Palatino Contoh Text
10 Garamond Contoh Text
11 Bookman Contoh Text
12 Comic Sans MS Contoh Text
13 Trebuchet MS Contoh Text
14 Arial Black Contoh Text
15 Impact Contoh Text

Sebagai tambahan teman – teman juga dapat melihat jumlah presentase jenis font tertentu yang terinstall di sistem operasi windows dan mac os di website http://www.cssfontstack.com

Pada web tersebut anda dapat melihat presentase masing – masing jenis font yang terinstall di sistem operasi windows, dan mac os.

Baik itu dulu yang bisa warung belajar dalam tutorial mengenai mengenal web safe fonts, jika ada yang ingin didiskusikan silahkan di kolom komentar, sekian dulu sampai jumpa di tutorial css selanjutnya

One thought on “Tutorial Belajar CSS Part 13 – Mengenal Web Safe Fonts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *