fitur constructor & desctructor di PHP

Selamat datang di warung belajar, melanjutkan pembahasan dari tutorial PHP, tepatnya di part ke – 36, kita akan membahas fitur constructor dan destructor di PHP.

Fitur constructor dan destructor adalah fitur yang sering kita gunakan dalam penulisan skrip PHP, kalau saya sendiri lebih sering menggunakan constructor, malah tidak pernah menggunakan destructor hehe.. 

Baik kita mulai pembahasannya langsung saja.

 

Constructor di PHP

Constructor adalah method atau function yang otomatis akan dijalankan saat class diinstansiasi (dibuat sebuah object), pada bagian constructor kita dapat melakukan apapun yang bisa dilakukan dalam method / function kecuali mengembalikan nilai / return value.

Nah biar tidak bingung perhatikan skrip dibawah ini sebagai contoh penggunaan Constructor di PHP.

Keterangan :

  • Jika skrip tersebut dijalankan akan menampilkan tulisan : Core i7 | 2 GB
  • Perhatikan pada line 7, kita menuliskan perintah public function __construct($prosesor,$memory = “4 GB”), perintah tersebut digunakan untuk membuat method construct yang akan dijalankan saat class diinstansiasi atau dibuat object.
  • Dimana pada method construct kita menset 2 parameter yaitu prosesor, dan memory, dimana pada method construct kita menjadikan nilai yang diberikan di parameter menjadi nilai di property class komputer, yaitu property prosesor dan memory ( Line 9 & 10 )
  • Perhatikan pada line 15 saat kita membuat object dengan class komputer, kita perlu menuliskan 2 parameter yang telah kita set di bagian method __construct, dalam hal ini yang wajib anda tuliskan hanya 1 parameter, karena parameter memory kita sudah set nilai defaultnya yaitu 4 GB.
  • Pada contoh line 15 kita menuliskan $komputer_budi = new komputer(“Core i7″,”2 GB”); yang artinya akan memberikan nilai “Core i7” pada paremeter prosesor, dan “2 GB” pada paremeter memory, yang otomatis nilai ini akan dijadikan nilai dari property $prosesor, dan property $memory.
  • Sehingga pada line 16 saat kita mengakses nilai dari property prosesor akan menampilkan tulisan “Core i7”, dan property memory (line 17) akan menampilkan tulisan “2 GB”.

 

Destructor di PHP

Destructor adalah sebuah method khusus di PHP, sama seperti method constructor, tetapi method destructor ini adalah kebalikan method constructor, jika method constructor akan dijalankan saat class diinstansiasi, maka method destructor akan dijalankan saat object dihancurkan atau dihapus dari memory.

Destructor ini berbeda dengan constructor yang dapat memiliki parameter, destructor tidak dapat memiliki parameter, anda hanya dapat menuliskan logic saja dibagian destructor.

Untuk lebih memahami perhatikan skrip dibawah ini :

Keterangan :

  • Jika dijalankan maka akan menampilkan tulisan : “Object telah dihapus dari memory”
  • Pada line 5 kita menuliskan perintah public function __destruct(), perintah itu digunakan untuk membuat method destructor, dimana dalam contoh ini method destructor akan menampilkan tulisan “Object telah dihapus dari memory”
  • Nah perhatikan kita membuat object komputer_budi dengan class komputer, dan menghapus object komputer_budi pada (Line 13).
  • karena kita menghapus object komputer_budi pada line 13, maka function destructor (Line 7) akan otomatis dijalankan.

 

Nah jadi kurang lebih seperti itu, jadi penjelasan sederhanya adalah method constructor  akan dijalankan saat class diinstansiasi ( object dibuat ), dan method destructor akan dijalankan saat object dihapus dari memory.

Baik sekian dulu tutorial kali ini, jika ada yang ingin didiskusikan silahkan di kolom komentar, sekian sampai jumpa di tutorial selanjutnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.