Mengenal Method Chaining di PHP

Selamat datang di warung belajar, melanjutkan pembahasan dari seri tutorial PHP, pada part 39 kita akan membahas mengenai method chaining di PHP.

Method Chaining adalah salah fitur yang di OOP yang memungkinkan anda untuk memanggil method secara berantai dalam satu baris pemanggilan.

Method ini berfungsi untuk mempersingkat pemanggilan method yang sebelumnya memerlukan beberapa baris, bisa disederhanakan hanya dengan satu baris perintah saja.

Sebagai Contoh perhatikan skrip ini :

Keterangan :

  • Biasanya kita membuat class dan method seperti cara diatas, dimana kita perlu menuliskan perintah yang berbeda ketika memanggil beberapa method, seperti method set_nama(), set_umur(), dan get_bio(), semua dituliskan di baris code yang berbeda, dengan menggunakan method chaining anda bisa memanggil beberapa method dengan satu baris perintah saja
 

Terlihat skrip diatas lebih sederhana karena kita menggunakan konsep method chaining, sebagai Implementasi dari method chaining, silahkan perhatikan contoh skrip dibawah ini :

Keterangan :

  • Jika dijalankan menampilkan tulisan ” Nama saya adalah Budi Santoso Umur 17 “
  • Perhatikan pada baris 24 kita memanggil method set_nama, set_umur, dan get_bio dalam satu baris perintah, berbeda dengan contoh sebelumnya yang mengharuskan anda menuliskannya perbaris, disetiap pemanggilan method.
  • Untuk membuat method chaining hal yang perlu anda perhatikan adalah return value disetiap method, pada bagian return gunakan perintah return $this perhatikan pada line 10 dan 15, hal tersebut diperlukan karena setiap pembuatan method chaining kita harus mengembalikannya ke object yang memanggil.

 

Jadi kurang lebih seperti itu teman – teman pembahasan mengenai method chaining, dengan method chaining ini diharapkan teman – teman dapat memanggil beberapa method dengan perintah yang lebih sederhana, nantinya di beberapa framework php seperti codeigniter juga akan mengimplementasikan method chaining ini.

Sekian dulu tutorial kali ini, jika ada yang ingin didiskusikan silahkan di kolom komentar, sampai jumpa ditutorial php part selanjutnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.