Mengenal Helper di codeigniter

Selamat datang di warungbelajar, pada tutorial kali ini kita akan melanjutkan pembahasan mengenai seri tutorial codeigniter, dalam tutorial kali ini kita akan belajar mengenai helper di codeigniter.

Helper adalah fitur yang disediakan oleh codeigniter untuk membantu anda dalam membangun aplikasi secara lebih cepat, karena didalam helper telah disediakan fungsi – fitur yang sering digunakan saat membangun aplikasi, sehingga anda tidak perlu membuat fitur – fitur yang telah disediakan didalam helper ini.

Fungsi yang ada didalam helper ini sendiri hanyalah fitur yang melakukan satu pekerjaan yang spesifik tanpa ada ketergantungan terhadap fungsi yang lain, jika nanti anda membutuhkan fungsi yang saling terkait anda bisa menggunakan fitur library yang nantinya akan kita bahas ditutorial selanjutnya.

Didalam codeigniter sebenarnya telah terdapat helper yang bisa anda gunakan, helper yang telah disediakan oleh codeigniter dapat anda lihat didalam folder application/system/helpers.

 

Cara mengaktifkan Helper di codeigniter

Jika anda ingin menggunakan helper di codeigniter, anda perlu mengaktifkan terlebih dahulu helper tersebut agar dapat digunakan.

Terdapat 2 cara yang bisa anda gunakan untuk dapat mengaktifkan helper yaitu :

  1. Memanggilnya didalam controller
  2. Mengaktifkannya didalam file autoload.php dalam folder application/config

 

Contoh cara pertama :

Anda bisa load helper didalam controller dengan meletakkan perintahnya didalam function construct agar dapat digunakan diseluruh bagian class controller tersebut.

Anda dapat menuliskan perintah seperti berikut ini, dalam contoh ini kita load helper html.

 

Contoh cara kedua :

Kita akan contohkan bagaimana cara mengaktifkan helper didalam file autoload.php, silahkan buka file autoload.php didalam folder application/config

Pada array $autoload dengan element helper tambahkan, array yang akan anda load.

Semisal kita akan load helper HTML, maka kita cukup menuliskan html pada array tersebut.

 

 

Menggunakan Helper bawaan codeigniter

Berikutnya kita akan coba untuk menggunakan helper bawaan codeigniter, kita akan coba menggunakan helper yang sering digunakan yaitu helper HTML, dalam contoh ini kita akan menggunakan cara pemanggilan helper yang pertama, yaitu dengan load helper didalam controller.

Saya asumsikan teman – teman sudah memiliki file framework codeigniter, dalam contoh ini project kita beri nama belajarcodeigniter, untuk tutorial instalasi framework codeigniter bisa dilihat di tutorial kita sebelumnya, Cara Menginstall Framework Codeigniter

Baik kita akan membuat controller dengan nama Belajar.php, buat controller didalam folder application/controllers

 

Berikutnya buat file view dengan nama vw_belajar, file view dapat anda buat didalam folder application/views

 

Berikutnya anda bisa mengakses alamat : localhost/belajarcodeigniter/index.php/belajar

Keterangan :

Kita menggunakan function heading untuk membuat heading di HTML, dalam function heading terdapat 2 parameter, yaitu stringnya adalah ukuran headingnya, Line (8 – 13)

Line 15 kita membuat variabel $gambar yang berisi array dengan element :

  • src = digunakan untuk mengatur posisi file gambar yang akan ditampilkan
  • alt = digunakan untuk setting alternate text
  • class = digunakan untuk setting class pada tag image
  • width = digunakan untuk setting ukuran lebar dari gambar
  • height = digunakan untuk setting ukuran tinggi dari gambar
  • title = digunakan untuk setting title dari gambar

Pada Line 23 kita gunakan function img yang merupakan function dari helper HTML, lalu kita menuliskan variabel $gambar yang berisi array untuk digunakan sebagai parameter function img.

Sehingga hasilnya akan ditampilkan gambar di bagian view

untuk dokumentasi lebih lanjut terkait helper HTML bisa anda baca didokumentasi resmi dari codeigniter : https://codeigniter.com/user_guide/helpers/html_helper.html

 

Jadi itu dulu teman – teman yang bisa kita bahas dalam tutorial ini, kita telah belajar mengenai helper yang ada di codeigniter, jika ada yang ingin didiskusikan silahkan di kolom komentar, sekian dulu sampai jumpa di tutorial selanjutya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.