Mengatur Tampilan Library Codeigniter

Selamat datang di warungbelajar, dalam tutorial ini kita akan meneruskan seri tutorial Codeigniter, pada part 9 kita akan membahas mengenai fitur library di Codeigniter.

Library disini akan berisi perintah – perintah yang memudahkan anda dalam proses development, karena dengan menggunakan library ini anda dapat dengan mudah membuat fitur – fitur yang biasanya diperlukan saat proses development sebuah aplikasi.

Lalu apa perbedaan antara Library dengan Helper ? kok sepertinya memiliki fungsi yang sama ?

Jadi seperti ini perbedaanya :

Fitur Library merupakan sebuah tempat yang digunakan untuk menempatkan beberapa library, yang didalamnya terdapat class atau subclass (class turunan) jadi saat kita menggunakan library, sebenarnya kita menggunakan class yang berada di library tersebut atau bisa juga lebih dari satu class, sehingga memungkin adanya keterkaitan antara 1 class dengan class lainnya.

Sedangkan untuk fitur Helper diperuntukkan fungsi yang lebih sederhana, yang hanya memerlukan function – function tanpa menggunakan class didalamnya.

Jadi kurang lebih seperti itu porsi yang diberikan oleh codeigniter untuk lingkup penggunaan Library dan Helper, library digunakan untuk pembuatan fitur yang lebih kompleks, dan helper lebih digunakan untuk fitur yang lebih sederhananya.

Secara tempat penyimpanan juga berbeda :

  • Posisi Library berada di system/libraries
  • Posisi Helper berada di system/helpers

 

Beberapa Library bawaan codeigniter

Sama seperti helper, Codeigniter telah menyertakan beberapa Library bawaan mereka, yang dapat teman – teman pergunakan, Library tersebut antara lain :

  • Cart Class, library ini berfungsi untuk membuat shopping cart (keranjang belanja) digunakan untuk keperluan membuat toko online. Library ini memiliki ketergatungan terhadap kelas session karena item chart tersebut disimpan di dalam session.
  • Benchmarking Class, library ini digunakan untuk melakukan pengukuran terhadap aplikasi yang dibuat. Seperti untuk mengetahui berapa lama waktu eksekusi dan berapa jumlah memori yang digunakan. Library ini sudah digunakan dan di-load secara otomatis oleh CodeIgniter.
  • Calendar Class, library ini berfungsi untuk menampilkan dan generate sebuah kalender.
  • Config Class, library ini berfungsi untuk mengambil data data di dalam file konfigurasi. Library ini sudah di load secara otomatis oleh CodeIgniter.
  • Email Class, library email digunakan untuk mengirimkan email. Pengiriman email tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan protokol mail, sendmail dan smtp.sqawd.
  • Encryption Class, library encryption digunakan untuk melakukan penyandian terhadap string tertentu.
  • Database Class, library database digunakan untuk memanipulasi serta mendapatkan data dari sebuah sistem database. Secara default database yang sudah diduung oleh CodeIgniter adalah mysql, mssql, oracle, postgres. Sedangkan database yang tidak didukung secara langsung oleh CodeIgniter dapat dijembatani dengan driver odbc.
  • Form Validation Class, library form validation diguakan untuk mengecek inputan form-form yang sudah di submit oleh user.
  • File Uploading Class, library uploading digunakan untuk mengupload file. Kelas ini sudah dilengkapi dengan pengecekan jenis file, dan ukuran file.
  • FTP Class, library FTP digunakan untuk mengupload atau download file melalui ftp server.
  • HTML Table Class, library HTML table adalah sebuah kelas yang berfungsi untuk generate table dari data array.
  • Input and Security Class, librari ini berfungsi untuk menjamin bahwa inputan dari form telah bersih dari karakter-karakter “aneh”.
  • Image Manipulation Class, library ini berfungsi untuk mengolah gambar. Adapun fungsi-fungsi yang telah disediakan adalah Image Resizing. Thumbnail Creation, Image Cropping, Image Rotating, dan Image Watermarking.
  • Loader Class, library ini dapat disebut sebagai pengatur sumber daya CodeIgniter. Semua sumber daya yang ada akan dikendalikan oleh kelas ini. Library ini sudah di-load secara otomatis oleh CodeIgniter.
  • Output Class, library output ini bertujuan untuk meng-handle output dari CodeIgniter, mulai dari cache sampai ke profiling bisa dilakukan kelas ini.
  • Language Class, library ini digunakan untuk mengatur bahasa apa yang akan dipakai oleh CodeIgniter.
  • Pagination Class, library ini untuk membuat paging hasil data dari database untuk performance dan usability, kita bisa mengontrol berapa banyak record untuk ditampilkan di setiap halaman website, berapa banyak record utuk ditarik dari database dan tampilan dari bagian pagination.
  • Trackback Class, library trackback ini digunakan untuk mengirim dan menerima data trackback.
  • Session Class, library session ini dapat digunakan utuk memelihara informasi status tentang user (seperti layaknya session di PHP). Tetapi library ini tidak menggunakan session built-in dari PHP, library session men-generate session datanya sendiri yang disimpan di dalam Cookies.
  • Unit Testing Class, library ini digunakan untuk unit test function dalam aplikasi yang sedang dibuat CodeIgniter menyediakan fungsi evaluasi dan dua fungsi hasil dalam library ini.
  • Template Parser Class, library template parser digunakan untuk mebuat teplate yang berisi parsable pseudo templates.
  • URL Class, library URL digunakan untuk memparsing URL, lalu memecahnya ke dalam beberapa segmen dan kemudian di-passing ke controller atau disimpan sebagai variable.
  • XML-RPC Class, library ini digunakan untuk men-setup klien XML-RPC dan server.
  • ZIP Encoding Class, library ini diguakan untuk membuat file ZIP baik yang berjenis teks maupun data binary.
  • User Agent Class, library user agent digunakan untuk mengidentifikasi browser, mobile device atau robot yang mengunjungi website. Kita juga bisa menggunakannya untuk mendeteksi dukungan bahasa, sekumpulan karakter, dan referrer.

 

Cara Load Library

Sebelum anda menggunakan Library, anda harus load library tersebut, untuk load library anda bisa menggunakan 2 cara yaitu :

Load didalam autoload

Set didalam file autoload.php, silahkan buka file tersebut didalam folder application/config/autoload.php

lalu tambahkan nama library yang ingin diload didalam array autoload, pada elemen libraries, semisal yang kita load adalah library session maka tuliskan seperti berikut ini :

 

Load didalam Controller

Selain itu teman – teman juga dapat menload library didalam controller, anda bisa meletakkan didalam function construct agar dapat digunakan diseluruh bagian controller tersebut.

dalam contoh diatas kita load library session didalam construct.

 

Belajar Menggunakan Library bawaan Codeigniter – Tabel Library

Setelah anda belajar mengenai bagaimana cara load dari library, berikutnya kita akan belajar untuk menggunakan library bawaan dari codeigniter, Kita akan belajar menggunakan Library Table, Library ini digunakan untuk generate sebuah table dari data array.

Pada contoh ini, kita melanjutkan project codeigniter yang sebelumnya kita buat, nama projectnya adalah belajarcodeigniter.

Dalam contoh ini kita akan membuat sebuah controller dengan nama Belajarlibrary.php, untuk isi dari controller tersebut adalah seperti berikut ini :

Keterangan :

  • Pada Line 8 kita load library table, library table merupakan library bawaan codeigniter untuk membuat table dari data array.
  • Pada Line 13 kita load view dengan nama vw_belajar_library, pada function index

 

Berikutnya kita buat sebuah view dengan nama vw_belajar_library.php , dengan isi code seperti berikut ini :

 

Untuk menampilkan hasilnya, silahkan akses alamat : http://localhost/belajarcodeigniter/index.php/belajarlibrary

Keterangan :

Pada line  3 kita set template dari table  untuk mengatur bagian tag table di html, template ini kita simpan didalam variabel $template

Pada Line 8 kita set template dengan menggunakan perintah, dimana variabel $template berisi template dari tabelnya

Pada Line 9 kita set header dari bagian tabelnya, dengan kolomnya adalah (No, Nama, Alamat)

Pada Line 11 – 13 kita isi data tabelnya ada 3 data.

pada line  15 kita generate tabel dengan menggunakan perintah

Untuk Dokumentasi dari library tabel bisa anda lihat di : https://codeigniter.com/user_guide/libraries/table.html

Anda bisa mencoba untuk menggunakan library codeigniter lainnya, untuk dokumentasi library lainnya bisa anda lihat di alamat : https://codeigniter.com/user_guide/libraries/index.html

Baik sekian dulu teman – teman tutorial kali ini, kita sudah mengenal fungsi dari library dan bagaimana cara menggunakannya, jika ada yang ingin didiskusikan silahkan di kolom komentar, sekian dulu sampai jumpa di tutorial lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.