mengenal tag, elemen, dan attribute di html

Tutorial HTML Part 3 Pengertian Tag, Elemen dan Attribute di HTML

Posted on Posted in Tutorial HTML

Nah setelah dalam tutorial sebelumnya kita sudah belajar bagaimana sih membuat sebuah file html dengan menggunakan aplikasi text editor notepad++, nah dalam tutorial ini kita akan membahas apa saja sih arti dari skrip yang kita tulis di tutorial sebelumnya, tapi sebelumnya kita akan membahas terlebih dahulu apa sih fungsi dari  Tag, Elemen dan Attribute, karena mereka ini harus anda kenali terlebih dahulu, sebelum belajar HTML lebih jauh lagi.

Tag HTML

Sebenarnya apa sih fungsi dari Tag HTML itu, jadi begini kawan – kawan, seperti yang kita udah jelaskan di awal tadi kalau HTML adalah singkatan dari Hyper Text Markup Language, nah ada arti kata markup language adalah memposisikan text biasa menjadi memiliki fungsi lain seperti membuat link, menampilkan gambar, membuat table, nah karena itu harus ada pengenal bahwa text yang anda tulis adalah HTML, jadi harus di tuliskan sebuah tag yang menjadi penanda bahwa itu adalah skrip HTML, bingung ya ? jadi contohnya adalah seperti berikut ini :

Nah itu adalah contoh dari tag, tag diatas akan menginformasikan bahwa tulisan Belajar HTML itu mudah adalah sebuah paragraph karena di tuliskan diantara tag <p></p> ,intinya tag memiliki 2 bagian, yaitu :

  1. Tag pembuka
  2. Tag Penutup

Skrip diatas digunakan untuk membuat sebuah paragraph di dalam HTML, jadi tag <p> dan penutupnya </p> akan memberi tahu bahwa ini lho text akan dijadikan paragraph karena dituliskan di antara tag html <p>, jadi mudahkan : D

Nah jadi pembeda dari Tag Pembuka dan Tag Penutup, kalau tag penutup itu ada tanda /.

Lalu apakah tag tersebut hanya <p></p> saja? Tentu saja tidak masih banyak lagi tag HTML yang bisa anda gunakan, contoh lain nih.

Dari skrip yang ditulis diatas ada tag <b> yang digunakan untuk menuliskan tulisan tebal, ada juga tag <i> untuk membuat tulisan miring.

Note :
1. Di atas kan sudah kita pelajari bahwa tag itu berpasangan #ecciee tapi ada beberapa tag lho yang tidak berpasangan, mereka di kenal dengan nama self closing tag atau void tag keren kan nama mereka, contoh tag ini digunakan untuk ganti baris penulisannya bisa menggunakan  atau selain itu ada juga tag <hr>untuk membuat sebuah (garis horizontal).

2.HTML tidak bersifat case-sensitif yang artinya untuk penulisan tag anda bisa menuliskan dengan menggunakan huruf kecil ataupun huruf besar, jadi contohnya tag paragraph bisa anda tuliskan dengan ataupun

 

ELEMENT HTML

Nah setelah anda belajar mengenai Tag, berikutnya kita akan membahas mengenai element HTML, jadi begini ehhh Element itu adalah isi dari text yang berada diantara tag pembuka dan tag penutup, dan juga attribute yang dimiliki, attribute akan kita pelajari setelah pembahasan Element.

Jadi contohnya :

Itu adalah satu buah element html, eia element itu tidak selalu text paragraf, tapi bisa juga tag lain.

 

ATTRIBUTE HTML

Nah untuk attribute itu terkait dengan tag ya, jadi gini tag itu bisa kita setting, nah settingan itu kita kenal dengan nama attribute, jadi sederhananya attribute itu seperti settingan yang ada di tag, eia untuk attribute itu terbagi menjadi 2 bagian yaitu :

  1. Nama
  2. Value

Nama adalah jenis attribute yang ditambahkan di bagian tag, dan value adalah nilai yang diberikan di attribute tersebut.

Contoh :

Nah di bagian contoh diatas adalah contoh penggunaan dari tag untuk membuat link <a></a> nah di bagian tag pembuka <a> ada sebuah attribute yaitu:

href=”http://www.warungbelajar.com”  nah seperti yang telah dijelaskan di awal, bahwa attribute di bagian menjadi 2 bagian :

  1. href adalah nama dari attributenya
  2. http://www.warungbelajar.com adalah value yang diberikan di dalam attribute tersebut

nah jadi kurang lebih seperti itu. Fungsi dari attribute,  anda akan banyak menemui attribute dengan nama div ataupun class, attribute ini digunakan untuk memanipulasi skrip html dengan menggunakan css dan javascript,

 

Anda serius ingin menguasai HTML ?

Warung Belajar telah membuat DVD Tutorial “Tutorial HTML – White Box“. DVD Tutorial ini membahas HTML dengan lebih lengkap dan detail. Penjelasan lebih lanjut bisa ke: Tutorial HTML – White Box

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *