Crud PHP & MySQLi menghapus data

Selamat datang di warungbelajar, dalam tutorial ini kita akan melanjutkan pembahasan mengenai seri tutorial PHP, melanjutkan pembahasan mengenai pembuatan fitur CRUD (Create, Read, Update, Delete) di PHP dan MySQLi menggunakan konsep OOP, untuk membuat fitur delete data.

Tutorial ini adalah kelanjutan dari seri tutorial pembuatan CRUD, silahkan buka tutorial kita sebelumnya, untuk memahami fitur lain dari CRUD :

Baik langsung saja kita mulai tutorialnya.

 

Membuat Tombol hapus pada list data

Langkah awal kita perlu membuat tombol untuk delete data, silahkan buka file tampil_data.php yang sebelumnya telah kita buat, lalu tambahkan tombol delete, perhatikan skrip dibawah ini :

Keterangan :

Perhatikan di Line 34 kita menambahkan tombol untuk delete.

tombol ini jika di klik maka akan mengakses file proses_barang.php dengan mengirimkan 2 parameter dengan method get yaitu :

  • parameter action dengan nilai delete
  • parameter id dengan nilai id barang yang akan dihapus.

 

Ubah file proses_barang.php

Silahkan buka file proses_barang.php yang telah kita buat sebelumnya, lalu tambahkan skrip untuk menangkap parameter action dengan nilai delete, perhatikan skrip dibawah ini :

Keterangan :

  • Pada Line 16 – 21 kita menambahkan perintah untuk melakukan pengecekan jika parameter action (dengan method get) bernilai delete, maka akan menjalankan baris perintah dari line 18 – 20.
  • Perhatikan tombol delete yang sebelumnya telah kita buat, tombol tersebut mengirimkan 2 parameter seperti yang dijelaskan sebelumnya, parameter action bernilai delete, dan parameter id bernilai id dari barang yang akan dihapus.
  • Nah pada baris 18 ini parameter id dengan method get disimpan di variabel id_barang,
  • Pada baris 19 kita memanggil function delete_data class database melalui object koneksi, dengan parameter $id_barang, dimana variabel $id_barang sudah berisi id_barang yang akan dihapus.
  • Pada baris 20 kita redirect ke file tampil_data.php setelah proses delete data selesai.

 

Membuat function delete_data di class database

Silahkan buka file koneksi.php, lalu tambahkan code seperti dibawah ini :

Keterangan :

Perhatikan code di line 41 – 44, code ini berisi function yang digunakan untuk delete data sesuai id_barang yang diinginkan.

function delete_data memiliki 1 parameter yaitu id_barang, dimana parameter id_barang dikirim, saat function ini dipanggil di file proses_barang.php pada line 19, yang berisi id_barang yang akan dihapus.

Para line 43 kita menuliskan perintah query untuk menghapus data

arti dari perintah query diatas adalah menghapus data di tabel tb_barang yang id_barangnya sesuai dengan nilai di parameter yang diterima oleh function delete_data yang berisi id_barang yang akan dihapus.

Jadi kurang lebih seperti itu teman – teman tutorial CRUD kali ini, kita sudah membahas mengenai bagaimana cara menambahkan fitur delete data.

Untuk link download source codenya bisa klik disini

Baik sekian dulu teman – teman pembahasan tutorial kali ini, jika ada yang ingin didiskusikan silahkan di kolom komentar, sampai jumpa di tutorial selanjutnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.