Tutorial WordPress bagian 2 cara menginstall xampp

Posted on Posted in Tutorial Wordpress

xampp-logo

Dalam tutorial ini warung belajar akan membahas mengenai tutorial wordpress yang kedua yaitu cara install xampp di windows , sebelum kita bahas di bagian inti kita akan belajar dulu sebenarnya apa sih fungsi dari aplikasi xampp ini.

Ukey jadi begini kawan – kawan. Untuk membuat sebuah website agar dapat online di internet dan bisa diakses secara online semisal nih seperti www.facebook.com ataupun www.twitter.com nah kan kita tinggal ketikkan di internet dan akan muncul webnya kan. Di balik itu semua ada sebuah proses pemanggilan data di hosting dari domain yang anda ketikkan. Ilustrasinya seperti ini :

ilustrasi website

Ketika pengunjung itu mengakses web www.warungbelajar.com maka browser anda sebetulnya adalah mengakses hosting (server) yang beralamatkan di domain yang anda ketikkan www.warungbelajar.com dan hosting (server) itu akan memberikan jawaban dan menampilkan data web www.warungbelajar.com ke dalam browser anda.

Nah rumit ya prosesnya jadi bisa kita simpulkan bahwa sebuah website itu membutuhkan hosting dan domain untuk bisa online di internet, agar bisa diakses semua orang yang terkoneksi dengan internet.

Lalu apa hubungannya dengan xampp, dalam xampp itu ada beberapa fitur yang bisa menggantikan fungsi dari hosting dan juga domain jadi dengan menginstall xampp ini anda dapat membuat website tanpa harus membeli hosting dan domain terlebih dahulu, jadi bisa membuat websitenya secara offline dulu dengan menggunakan fitur xampp baru setelah jadi bisa di upload di internet.

Gimana teman teman apakah sudah paham. Jadi dalam xampp itu adalah beberapa fitur :

  1. Apache sebagai webserver
  2. Mysql sebagai database server

Proses Instalasi Xampp

Langsung saja kita masuk ke dalam inti dari tutorial, beberapa langkah – langkah dari proses install xampp di windows antara lain berikut ini :

1. Anda bisa mendownload terlebih dahulu installer dari xampp di situs resmi xampp di link ini Nah dalam tutorial ini saya akan membahas cara menginstall xampp di versi 5.5.19

download xampp

2. Setelah anda mendapat installernya anda bisa klik 2 kali pada install untuk memulai  proses instalasinya.

install xampp 1

3. Maka akan muncul tampilan seperti ini.

install xampp2

Lalu silahkan klik Yes

4. Maka akan masuk kedalam step selanjutnya.

install xampp3

5.lalu akan muncul tampilan dari proses installasinya langsung saja ikuti langkah – langkahnya.

install xampp 4Lalu silahkan klik next untuk lanjut ke proses selanjutnya.

install xampp 5

Pada bagian komponen silahkan di pilih semua service seperti gambar diatas, lalu silahkan klik next.

 

xampp 7

Pada bagian ini anda diharuskan memilih folder yang nanti akan menjadi tempat hasil instalasi dari xampp, secara default yang terpilih adalah di bagian c:\xampp, dalam contoh ini saya biarkan default dan saya klik next.

xampp 8

Lalu silahkan klik next

xampp 9

Setelah itu klik next lagi ya kawan.

xampp 10

Lalu tunggu proses dari instalasinya, hingga proses selesai.

 

xampp 11

Jika proses instalasi berhasil maka akan menampilkan tampilan seperti berikut ini. Pastikan bagian “Do You want to start the control panel now”  di centang ya, lalu anda bisa klik Finish.

Menguji Hasil Instalasi Xampp

Setelah anda berhasil menginstall dari xampp nanti akan tampil sebuah control panel seperti gambar di bawah ini. Lalu silahkan klik tombol start pada bagian service “Apache” dan “Mysql”.

xampp 12

Maka hasilnya akan seperti berikut ini :

xampp 13

Jika sudah seperti gambar diatas maka service dari apache dan mysql sudah berhasil running.

Lalu kita akan mencoba untuk melakukan testing apakah servicenya sudah berhasil berjalan dengan baik, yang pertama kita coba untuk melakukan testing di bagian apache, anda bisa mengetikkan “localhost” pada browser anda

xampp 14

Lalu berikutnya kita akan testing bagian service dari mysql, anda bisa mengetikkan “localhost/phpmyadmin”

xampp 15

Nah maka akan tampil tampilan seperti diatas, jadi instalasi dari xampp sudah berhasil, baik itu service dari apache ataupun mysql.

Sekian dulu untuk tutorial wordpress bagian kedua mengenai cara install xampp di windows, dalam pembahasan tutorial selanjutnya kita akan membahas mengenai cara menginstall wordpress di xampp secara offline.

DVD Tutorial CMS WordPress Terlengkap
Anda serius ingin menguasai Worpress? Warung Belajar telah membuat DVD Tutorial “Cara Membuat Website dengan CMS WordPress“. DVD Tutorial ini membahas Proses Pembuatan Website dengan CMS WordPress dengan lebih detail dan lebih lengkap. Penjelasan lebih lanjut bisa ke: DVD TUTORIAL WORDPRESS.promote

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *