Tutorial WordPress bagian 5 cara membuat page di wordpress

Posted on Posted in Tutorial Wordpress

cropped-44typing.jpg

Hai sahabat warung belajar, kembali lagi di seri tutorial wordpress bagian  5, kali ini akan membahas bagaimana sih cara membuat page di wordpress, tapi sebelumnya saya akan membahas terlebih dahulu apa sih sebenarnya fitur page itu.

Fitur page adalah fitur bawaan dari wordpress yang digunakan untuk menampilkan content di dalam wordpress, lalu apa bedanya dengan post yang telah kita bahas dalam tutorial sebelumnya ? nah untuk perbedaannya bisa anda lihat di tutorial saya sebelumnya mengenai perbedaan dari post dan page di wordpress, perbedaannya sih banyak tetapi yang paling terlihat adalah dari jenis content yang ditampilkan.

Post lebih digunakan untuk menampilkan artikel yang sering di update, biasanya terdiri dari berita terbaru, post juga memiliki kategori, sedangkan untuk page sendiri lebih digunakan untuk content yang sifatnya statis atau jarang di update, seperti halaman visi misi perusahaan, profil nah intinya untuk halaman statis yang sifatnya hanya untuk menampilkan informasi saja.

Cara membuat page di wordpress

Langsung ya kita akan membahas bagaimana cara membuat page ya di wordpress, disini akan saya jelaskan langkah – langkah pentingnya saja ya, untuk lebih detailnya nanti saya akan jelaskan di video tutorial yang saya cantumkan di bagian bawah.

Sebelum anda membuat page di wordpress, yang pertama pastinya anda harus login terlebih dahulu ke bagian dashboard, masuk ke dashboard dengan mengetikkan localhost/nama folder website dalam contoh ini localhost/belajarwebsite

login ke wordpress

Lalu silahkan masukkan username dan password dan tekan login.

membuat page di wordpress

Setelah anda sudah masuk kedalam dasbor wordpress, lalu silahkan anda arahkan kursor mouse ke bagian menu page, dan klik all pages.

add new page wordpress

Nah untuk membuat page baru anda bisa klik add New.

membuat page profile di wordpress

Ini adalah tampilan dari menu page, di dalam bagian ini anda bisa membuat page baru, dalam contoh ini saya akan membuat page profile untuk website saya, caranya sama seperti membuat post yang telah kita pelajari dalam tutorial sebelumnya.

menambahkan gambar di page

Lalu saya akan tambahkan gambar dengan klik add media.

upload gambar page wordpress

Lalu silahkan pilih gambar yang akan anda upload di bagian page profil, silahkan klik tab upload files, dan klik tombol select files.

pilih gambar page wordpress

Silahkan pilih gambar yang akan anda upload, dan klik open.

gambar insert into page

Setelah itu silahkan klik insert into page.

hasil pembuatan page wordpress

Setelah anda mengatur dari tampilan pagenya, langkah terakhir sama seperti di bagian post anda bisa klik tombol publish.

publish page wordpress

Maka silahkan lihat hasilnya di website yang anda buat, nanti akan menghasilkan satu menu baru dengan nama profil.

menu baru page wordpress

Jika anda klik maka akan menampilkan page yang sebelumnya telah anda buat.

hasil page wordpress

Mudah bukan untuk membuat page baru di wordpress, aslinya saya juga akan menjelaskan mengenai page attributes di dalam wordpress, Cuma tidak saya ketik semua disini, nanti untuk lebih jelasnya bisa anda lihat video tutorial saya di bawah ya :D, sekian dulu ya tutorial mengenai cara membuat page di wordpress, sekian dulu sampai jumpa di seri tutorial selanjutnya.

DVD Tutorial CMS WordPress Terlengkap
Anda serius ingin menguasai Worpress? Warung Belajar telah membuat DVD Tutorial “Cara Membuat Website dengan CMS WordPress“. DVD Tutorial ini membahas Proses Pembuatan Website dengan CMS WordPress dengan lebih detail dan lebih lengkap. Penjelasan lebih lanjut bisa ke: DVD TUTORIAL WORDPRESS.promote

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *