Tutorial wordpress bagian 6 cara membuat menu di wordpress

Posted on Posted in Tutorial Wordpress

hasil sub menu wordpress

Hai sahabat warungbelajar bertemu lagi dengan kita, masih dalam seri tutorial wordpress, sampai ke bagian 6 ya, jika sebelumnya kita telah belajar mengenai bagaimana cara untuk membuat page di wordpress, nah dalam tutorial ini kita akan belajar menggabungkan post dan page yang telah kita buat dalam tutorial sebelumnya menjadi sebuah menu yang nantinya dapat mempermudah pengunjung website anda dalam mencari content yang diiinginkan, jadi dalam wordpress sendiri terdapat fitur untuk mengelompokkan link link dari content yang telah anda buat menjadi sebuah menu, content tersebut dapat dalam bentuk post, page, link, dan juga kategori dari post.

Membuat Menu di wordpress

sebelum anda membuat menu di wordpress, silahkan anda login ke dalam dasboard dari admin, dan pastikan ada telah memiliki beberapa content baik itu post ataupun page, sehingga dapat anda gunakan sebagai bahan belajar membuat menu.

Dalam contoh ini saya telah memiliki beberapa post yang telah saya bagi menjadi beberapa kategori, untuk melihat dari daftar post anda bisa masuk ke dalam menu Posts –> All Post.

daftar post

terlihat saya telah memiliki 4 post (tidak termasuk hello world) dan juga saya jadikan 2 kategori.

Lalu saya juga telah membuat page, bisa anda lihat di bagian page –> all pages untuk menampilkan semua page yang telah dibuat.

daftar page wordpress

Setelah anda telah memiliki beberapa content, kalau bisa sih terdari dari 3 contoh tadi, anda punya post yang terdiri dari lebih dari 1 kategori, dan page, langsung saja kita menuju ke proses membuat menu.

untuk membuat menu silahkan anda arahkan kursor mouse anda ke bagian apperance –> menu untuk masuk ke dalam bagian fitur pembuatan menu.

menu menus wordpress

maka anda akan di bawa masuk ke dalam fitur menus yang ada pada menu apperance, tampilannya kurang lebih seperti berikut ini.

tampilan fitur menus di apperance

untuk membuat menu baru pada wordpress, anda bisa klik tombol “Create a new menu”.

membuat menu baru wordpress

lalu silahkan isikan nama menu yang diinginkan, dalam contoh ini saya beri nama “menu utama” lalu silahkan klik tombol Create Menu

memberi nama menu baru

maka hasilnya akan seperti ini ada sebuah menu baru dengan nama menu utama, hasil dari proses pembuatan menu baru.

tampilan hasil menu baru

di bagian sebelah kiri terdapat beberapa tab nah di bagian ini kita akan dapat membuat menu :

1.Pages : digunakan untuk menambahkan pages pada menu yang anda buat

2.Links : digunakan untuk menambahkan menu berupa link, biasanya di bagian ini digunakan untuk membuat menu  yang digunakan untuk membuat custom link, semisal halaman home, lalu link ke website lain.

3.Categories : digunakan untuk menambahkan kategori post di bagian menu website yang anda buat.

untuk langkah awal seperti pada website kebanyakan ada menu “Home” nah kita buat menu itu dulu ya… silahkan klik di bagian tab Links.

menambahkan menu home wordpress

setelah anda klik tab links, maka akan terdapat 2 isian yaitu :

  1. URL : digunakan untuk memberikan link pada menu yang dibuat
  2. Link Text : digunakan untuk memberikan text pada menu yang dibuat

seperti yang telah dijelaskan sebelumnya kita akan membuat menu home, jadi untuk url ya kita berikan alamat dari website kita yaitu http://localhost/belajarwebsite dan untuk bagian Link Text silahkan diisi dengan Home setelah itu silahkan anda klik Add to menu.

hasil menu home wordpress.

maka terlihat terdapat satu menu baru dengan nama Home, dengan keterangan Custom yang artinya adalah menu ini dibuat dengan menggunakan Custom Link, lalu berikutnya kita akan membuat Menu untuk Blog dimana di dalam menu blog ini nanti akan kita tambahkan sub menu untuk menampilkan kategori dari post yang telah di buat.

caranya sama seperti membuat menu home, yaitu anda bisa klik tab Links Lalu silahkan isikan :

  1. URL : http://localhost/belajarwebsite
  2. Link Text : Blog

menambahkan menu blog

setelah itu silahkan anda klik tombol Add to Menu

berhasil menambahkan menu blo

setelah menambahkan bagian blog, selanjutnya kita akan menambahkan kategori post yang sebelumnya telah kita buat, menjadi sub menu dari bagian blog.

caranya anda bisa masuk ke dalam tab categories, lalu mencentang kategori yang akan di tambahkan, dalam contoh ini kita akan menambahkan kategori, Software dan Sistem Operasi.

menambahkan kategori baru

setelah anda anda centang kategori yang ingin di tambahkan silahkan klik Add to Menu, maka menu akan tertambahkan di bagian sebelah kanan, di bawah dari menu Blog.

menambahkan menu dalam submenu blog

setelah kita menambahkan kategori di bagian sub menu dari blog, selanjutnya kita akan menambahkan menu page “Profil”, caranya hampir sama seperti yang lain. yaitu dengan masuk ke bagian tab pages, lalu silahkan centang pages yang ingin anda tambahkan dalam contoh ini saya akan menambahkan bagian page “Profiles”

menambahkan page profiles

selanjutnya anda bisa klik Add to Menu.

berhasil menambahkan profil pada wordpress

maka terlihat untuk menu baru dengan nama profil sudah bertambah di bagian menu structure.

menu settings

selanjutnya anda bisa mengatur di bagian menu settings, di bagian ini terdapat beberapa settingan antara lain :

  1. Auto Add Pages : jika anda mengaktifkan fitur ini maka ketika anda menambahkan pages baru maka akan otomatis dibuatkan sebuah menu dengan nama yang sama dengan page yang anda buat.
  2. Theme Locations : di bagian ini akan terdapat beberapa bagian yang dapat anda centang, jadi masing masing theme atau tampilan website yang anda gunakan memiliki bagian menu yang berbeda beda, dalam theme yang saya gunakan saat ini memiliki 2 bagian menu yaitu “Primary menu” dan “secondary menu” jadi anda bisa mengaktifkan menu yang anda buat akan di tampilkan di bagian menu apakah di primary menu (biasanya ada di atas wordpress) ataupun sidebar menu (biasanya terletak di bagian samping wordpress)

setelah itu anda bisa klik tombol Save menu jika di rasa settingan sudah cukup.

lalu kita coba akses websitenya.

hasil pembuatan menu wordpress

itu adalah hasil dari menu yang telah dibuat, tapi menu yang telah dibuat tersebut masih belum terdapat sub menu seperti yang telah kita rencanakan yaitu bagian blog memiliki sub menu “Software” dan “Sistem Operasi”.

cara untuk membuat sub menunya adalah seperti berikut, silahkan anda kembali ke bagian dashboard, lalu kembali ke menu apperance –> menus.

cara untuk membuat sub menu adalah seperti berikut, di bagian kategori software dan sistem operasi silahkan anda klik dan geser kearah kanan.

membuat sub menu wordpress

sehingga menghasilkan posisi dari menu seperti berikut ini.

setelah itu silahkan klik tombol “Save Menu”.

dan silahkan lihat hasil di websitenya.

hasil sub menu wordpress

tara…. maka sub menu sudah terbuat di sertai pula dengan sub menu, mudah bukan caranya untuk membuat menu di wordpress.

Membuat menu di wordpress ternyata mudah ya 😀

jadi kurang lebih seperti itu ya gan, bagaimana cara membuat menu untuk memanagement dari post, page ataupun custom link yang anda buat agar pengunjung website anda bisa lebih mudah mencari content yang diinginkan, sekian dulu tutorial mengenai cara membuat menu di wordpress sampai jumpa di tutorial kami yang lain.

DVD Tutorial CMS WordPress Terlengkap
Anda serius ingin menguasai Worpress? Warung Belajar telah membuat DVD Tutorial “Cara Membuat Website dengan CMS WordPress“. DVD Tutorial ini membahas Proses Pembuatan Website dengan CMS WordPress dengan lebih detail dan lebih lengkap. Penjelasan lebih lanjut bisa ke: DVD TUTORIAL WORDPRESS.promote

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *