Tutorial WordPress bagian 7 cara Install Theme di wordpress

Posted on Posted in Tutorial Wordpress

Responsive-Web-Design2

Hai sahabat warung belajar, bertemu lagi dengan kami warung belajar, kembali membahas mengenai tutorial komputer, masih di seri tutorial wordpress, gak terasa sudah sampai bagian ke 7, kami akan membahas mengenai cara install theme di wordpress, nah tapi sebelum itu, kami mau menanyakan terlebih dahulu apakah teman – teman sudah mengenal istilah theme ? atau baru mendengar istilah theme ?

nah warung belajar akan menjelaskan terlebih dahulu apa sih theme, theme atau biasanya kita mengenal dengan istilah template, kalau template pasti sering mendengar donk. saat ini hampir website yang ada di dunia menggunakan template, jarang sekali mereka para developer yang membuat website dari 0 hingga bisa online di internet terkecuali jika memang di butuhkan kebutuhan sistem yang tidak memungkinkan untuk menggunakan cms seperti wordpress, tetapi jika hanya ingin membuat company profile, portal berita atau web yang sudah terakomodasi dengan fitur cms, banyak orang yang memilih menggunakan cms sebagai engine dari website mereka, karena dari itu hampir semua cms memiliki fitur theme atau sering kita sebut sebagai template.

nah jika cms wordpress terdapat fitur theme berarti bisa dengan mudah dong mengganti tampilan websitenya ? ya benar sekali, banyak website yang menggunakan cms wordpress, tetapi apa yang membedakan ? salah satunya pasti tampilan websitenya, hal itu dikarenakan adanya fitur theme yang memudahkan administrator dari website untuk merubah tampilan website dengan engine cms wordpress.

Lalu apakah theme di wordpress bisa kita gunakan secara gratis ?

Jawabannya iya, banyak sekali website yang menyediakan theme secara gratis untuk cms wordpress, dan dari pihak wordpress sendiri juga menyediakan direktori untuk mencari theme wordpress yang dapat di download dan di pasang di website wordpress secara free, untuk direktori tersebut bisa di akses di https://wordpress.org/themes/

Lalu apakah ada theme wordpress yang premium atau perlu membayar jika ingin menggunakannya ?

ya banyak sekali kawan, diluar sana banyak developer yang membuat theme dengan tampilan yang wow, tetapi juga harganya tidak murah, ya setara dengan harganya. anda bisa mengetikkan di google dengan keyword “Premium WordPress Theme” banyak sekali akan menemukan theme wordpress yang premium, setahu saya web yang menjual theme wordpress yang premium itu seperti  themeforest.net, woothemes.com, elegantthemes.com.

Cara Install Theme di WordPress

penjelasannya semoga jelas ya kawan, sekarang kita coba untuk menginstall dari theme wordpress, kita akan menggunakan theme yang sifatnya free, silahkan anda masuk ke dalam wordpress.org/theme

wordpress theme

tampilannya kurang lebih seperti gambar di atas, pada gambar di atas terdapat beberapa tab  pada wordpress theme antara lain :

  1. Featured : adalah daftar theme pada halaman awal direktori theme wordpress, biasanya berisi beberapa theme wordpress.
  2. Popular : adalah daftar dari theme yang saat ini sedang populer di gunakan developer wordpress.
  3. Latest : adalah daftar dari theme yang terakhir kali di upload.
  4. Feature filter : adalah fitur pencarian yang disediakan oleh wordpress untuk mencari theme yang diinginkan.

dalam contoh ini kita akan menginstall theme yang cukup popular di sediakan oleh pihak wordpress, silahkan masuk ke dalam tabs popular.

tab popular theme wordpress

lalu silahkan cari theme dengan nama sparkling.

theme sparkling

nah karena ini buat tutorialnya sudah lama, takutnya nanti sparkling sudah tidak dalam jajaran yang populer hehe saya sertakan linknya ya.. https://wordpress.org/themes/sparkling/

silahkan di klik ya gambar dari theme sparkling. maka nanti akan terbuka bagian detailnya.

detail dari theme sparkling wordpress

maka akan terlihat detail dari theme sparkling, pada setiap detail dari theme akan ada 2 tombol yaitu :

  1. Preview : digunakan untuk menampilkan preview dari tampilan website ketika nanti di pasang theme tersebut.
  2. Download : digunakan untuk mendownload dari theme tersebut.

dalam contoh ini saya akan download theme ini dan akan saya install di wordpress saya, langsung saya klik tombol download.

download theme wordpress

setelah itu silahkan klik tombol Oke untuk mulai mendownload dari theme tersebut.

tunggu proses download

lalu silahkan tunggu dari proses downloadnya selesai ya kawan, jika selesai nanti silahkan anda klik icon folder di theme yang telah berhasil terdownload.

selesai download wordpress theme

maka anda akan menemukan file zip dari installer sparkling wordpress theme di folder download anda.

sparkling theme

ukey bahannya sudah kita dapatkan, langkah selanjutnya kita akan mulai untuk menginstall dari theme, agar bisa tampilan webnya akan semakin menarik, untuk langkah awal pastikan anda masuk ke dalam halaman dashboard, lalu silahkan masuk apperance –> themes.

menu themes wordpress

maka anda akan di bawa ke dalam menu themes, dimana di menu ini anda dapat melakukan perubahan tampilan web wordpress anda.

masuk ke menu themes

untuk mengupload dari theme, caranya silahkan klik tombol Add New.

menu add theme wordpress

pada bagian menu add themes, silahkan klik tombol upload theme untuk mengupload installer dari theme yang telah di download sebelumnya.

upload installer theme wordpress

lalu akan muncul pop menu untuk proses upload installer dari theme, silahkan cari installer theme yang akan anda upload

upload installer theme

maka akan terpilih installer theme yang akan anda upload, lalu silahkan klik “Install Now”.

upload wordpress theme

lalu silahkan tunggu proses instalasi dari theme baru di wordpress anda.

aktifkan theme wordpress

jika muncul gambar seperti diatas, berarti proses dari instalasi theme wordpress anda telah berhasil, untuk mengaktifkan dari theme yang baru saja anda upload, anda bisa klik tombol Activate.

theme wordpress telah aktif

terlihat untuk theme telah dalam keadaan aktif, silahkan anda akses website anda dalam contoh ini saya akses melalui alamat http://localhost/belajarwebsite

theme wordpress telah aktif 2

nah terlihat webnya sudah berganti tampilan dengan tampilan theme baru yaitu sparkling, mudah kan eiittss ada yang terlewat, coba perhatikan bagian kanan atas menunya masih kosong, kok bisa gitu ya ? hal tersebut dikarenakan kita mengganti theme baru, sehingga settingan menu yang lama perlu di setting ulang. langkah – langkah untuk mensettingnya hampir sama seperti yang telah di jelaskan di tutorial sebelumnya mengenai cara membuat menu di wordpress.

Caranya silahkan masuk kembali ke dalam bagian dashboard, lalu silahkan masuk ke dalam menu apperance –> menus.

setting menu location wordpress

setelah masuk ke dalam bagian menus, silahkan masuk ke dalam menu manage location.

terlihat di sana ada 2 theme location karena theme sparkling yang saat ini kita gunakan memiliki 2 tempat yang bisa kita beri menu kurang lebih penjelasannya seperti itu :

  1. primary menu : terletak pada bagian kanan atas. biasanya ada di bawah header
  2. footer link : terletak pada bagian footer dari website, biasanya ada di bagian bawah website

dalam contoh ini saya pasang menu utama di kedua theme locationnya. jika dirasa sudah cukup maka klik tombol “save changes”.

lalu silahkan cek perubahan dari tampilan websitenya.

website tampilan 2

itu bagian yang primary menu

tampilan website 3

itu bagian footer link. nah mudah kan ganti theme, wordpress tuh baik banged udah ngasih gratis, theme gratis pula, tutorial juga banyak di internet ayo segera buat website mudah kok, saya rasa cukup mudah ya kak untuk tutorial mengenai bagaimana cara menginstall theme wordpress. sekian dulu tutorial kali ini, sampai jumpa di tutorial selanjutnya.


DVD Tutorial CMS WordPress Terlengkap
Anda serius ingin menguasai Worpress? Warung Belajar telah membuat DVD Tutorial “Cara Membuat Website dengan CMS WordPress“. DVD Tutorial ini membahas Proses Pembuatan Website dengan CMS WordPress dengan lebih detail dan lebih lengkap. Penjelasan lebih lanjut bisa ke: DVD TUTORIAL WORDPRESS.promote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *