Tutorial wordpress lengkap

Posted on Posted in Tutorial Wordpress

tutorial wordpress lengkapHai selamat datang lagi di warung belajar, pada seri tutorial ini kita akan membahas mengenai tutorial wordpress lengkap yang telah kami susun kurang lebih ada 10 seri tutorial, pada tutorial ini dijabarkan mengenai bagaimana sih cara untuk membuat sebuah website dengan menggunakan cms wordpress.

Mungkin bagi anda yang belum mengenal istilah cms wordpress, akan saya jabarkan terlebih dahulu diawal, jadi begini kawan cms adalah singkatan dari content management system, istilah cms ini adalah sebuah sistem yang digunakan untuk membuat sebuah website secara cepat, tanpa harus mengcoding, jadi saya yakin dengan adanya cms ini semua orang bisa membuat website.

nah untuk wordpress sendiri saya yakin teman teman sudah banyak yang mengenal kan apa sih itu wordpress, ya saat ini wordpress adalah sebuah engine website yang paling populer didunia saat ini, dalam situs http://trends.builtwith.com/cms untuk tahun 2016 wordpress menempati peringkat pertama untuk cms yang paling banyak digunakan.

mungkin beberapa teman teman berfikir kalau wordpress itu blog ya ? jadi begini kawan, wordpress itu mengeluarkan 2 versi yaitu versi blog dan versi cms, telah saya bahas dalam artikel saya sebelumnya mengenai perbedaan wordpress.com dengan wordpress.org  , jadi jika wordpress.com itu untuk blog wordpress dan untuk wordpress.org untuk cms wordpress.

secara garis besar 2 versi ini bisa dibedakan berdasarkan penggunaannya, jika blog wordpress bisa anda gunakan untuk blog pribadi atau komunitas anda, tetapi untuk kebutuhan development sebuah website seperti untuk company profile dari perusahaan, toko online, bahkan sebuah forum anda bisa menggunakan cms wordpress, kerennya lagi untuk membuat sebuah website dengan menggunakan cms wordpress ini anda bisa membuatnya secara offline terlebih dahulu dan jika selesai anda bisa menguploadnya ke internet.

Dalam tutorial ini akan saya jabarkan daftar artikel saya mengenai step – step proses pembuatan sebuah website dengan mengguakan cms wordpress, telah saya urutkan prosesnya, InsyaAllah jika anda mengikuti proses pembuatan websitenya dari awal hingga akhir anda bisa membuat website hingga bisa online diinternet.

Daftar Tutorialnya adalah sebagai berikut :

1.Perbedaan wordpress.com dengan wordpress.org

Dalam tutorial ini anda akan belajar mengenai perbedaan dari 2 versi wordpress yaitu blog dan cms, anda bisa menentukan untuk apa web yang anda buat, jika hanya untuk blog anda bisa menggunakan versi blog, tetapi jika anda ingin membuat website untuk kepentingan komersial seperti company profile, toko online, forum dll. anda sebaiknya menggunakan versi cms.


2. Tutorial wordpress bagian ke 2 Cara menginstall xampp

Salah satu kelebihan dari wordpress dengan versi cms, anda dapat membuat website dengan menggunakan mode offline terlebih dahulu yang artinya untuk proses pembuatannya tidak menggunakan koneksi internet, baru ketika selesai anda dapat menguploadnya ke hosting, nah dalam pembahasan tutorial yang kedua ini kita akan membahas cara menginstall xampp yang menjadi pengganti dari fungsi dari hosting dan domain, sehingga anda bisa membuat websitenya secara offline.


3. Tutorial WordPress bagian 3 cara menginstall wordpress secara offline

Setelah di tutorial kedua anda telah belajar mengenai bagaimana cara menginstall xampp yang digunakan untuk menggantikan fungsi dari hosting dan domain, dalam tutorial ini anda akan belajar untuk menginstall wordpress secara offline di dalam web server lokal.


4. Tutorial wordpress bagian 4 cara membuat post wordpress

Dalam tutorial ini anda akan belajar mengenai bagaimana cara membuat post didalam cms wordpress, jika anda sebelumnya sudah pernah menggunakan blog wordpress, maka proses pembuatannya hampir sama. Post ini digunakan untuk menampilkan dari artikel website anda, bisa anda manfaatkan untuk menampilkan berita – berita terbaru dalam website anda.


5. Tutorial WordPress bagian 5 cara membuat page di wordpress

Dalam tutorial ini anda akan belajar untuk membuat halaman page, meskipun fungsinya sama yaitu digunakan untuk menampilkan content di dalam website, tetapi ada sedikit perbedaan dengan post, perbedaanya berada pada fungsi dari contentnya, jika didalam post anda dapat menampilkan content berupa artikel ataupun berita terbaru perusahaan anda, jika page digunakan untuk menampilkan content yang sifatnya statis atau jarang di ganti seperti bagian profile, visi misi perusahaan.


6. Tutorial wordpress bagian 6 cara membuat menu di wordpress

Setelah anda belajar membuat post dan page, nah dalam tutorial ke 6 ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara membuat menu di dalam wordpress, menu ini digunakan untuk membuat navigasi dari content content yang ada pada website anda, sehingga pengunjung dapat dengan mudah mencari artikel yang anda buat.


7. Tutorial WordPress bagian 7 cara Install Theme di wordpress

Seperti cms yang lain, wordpress memiliki kelebihan dalam kemudahannya mengganti tampilan website, disini akan dibahas mengenai bagaimana cara menginstall theme, dan mengatur dari theme untuk merubah tampilan website anda agar lebih menarik.


8. Tutorial WordPress bagian 8 cara install plugin di wordpress

Selain kelebihan cms wordpress dari sisi kemudahannya mengganti tampilan website dengan menggunakan theme, cms wordpress juga memiliki fitur plugin, dengan menggunakan fitur ini memungkinkan anda dalam membuat sebuah fitur dari website, semisal anda ingin membuat photo gallery tinggal install plugin photo gallery, ingin fasilitas toko online, tinggal install plugin toko online, nah dalam tutorial ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara untuk menginstall plugin contact form, sehingga pengunjung website dapat meninggalkan pesan ke pengelola website.


9. Tutorial wordpress bagian 9 Cara upload website Bagian 1

Setelah dalam tutorial step 1 hingga step 8 kita telah belajar mengenai bagaimana proses membuat websitenya, nah di tutorial ke 9 ini kita akan memulai membahas bagaimana sih cara mengupload website, akan dibahas proses daftar hosting gratis di idhostinger, lalu upload file website dengan menggunakan file zilla, upload database ke hosting, hingga cara mensetting dari file dan database agar saling terkoneksi.


10. Tutorial wordpress bagian 10 Cara upload website Bagian 2

Melanjutkan mengenai pembahasan tutorial di step ke 9 dalam step ke 10 ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara mereplace dari link website yang sebelumnya masih lokal menjadi link dari domain dengan menggunakan plugin blue velvet.


ya kurang lebih seperti itulah kawan yang dapat warung belajar bagikan ke teman – teman semua, bagaimana sih step – step dalam cara membuat sebuah website yang telah kami rangkai menjadi tutorial wordpress lengkap, dari mulai menginstall secara offline hingga bagaimana sebuah website bisa di upload di internet, InsyaAllah jika teman teman mengikuti prosesnya teman – teman semua pasti bisa membuat sebuah website dengan mudah, sekian dulu tutorial ini kita akan bahas lebih lanjut tutorial tutorial lainnya ya, jangan lupa suscribe ya agar mendapatkan tutorial tutorial terbaru dari warung belajar.

 

DVD Tutorial CMS WordPress Terlengkap
Anda serius ingin menguasai Worpress? Warung Belajar telah membuat DVD Tutorial “Cara Membuat Website dengan CMS WordPress“. DVD Tutorial ini membahas Proses Pembuatan Website dengan CMS WordPress dengan lebih detail dan lebih lengkap berisi lebih dari 100 tutorial video berbahasa Indonesia. Penjelasan lebih lanjut bisa ke: DVD TUTORIAL WORDPRESS.promote

3 thoughts on “Tutorial wordpress lengkap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *