Tutorial Codeigniter 4 – Part 6 – Membuat Layout / Template di Codeigniter 4

Tutorial Codeigniter 4 – Part 6 – Membuat Layout / Template di Codeigniter 4

Selamat datang di tutorial warung belajar, dalam tutorial kali ini kita akan melanjutkan pembahasan dari seri tutorial Codeigniter 4, pada part 6 kita akan belajar mengenai cara membuat layout / template di Codeigniter 4.

Istilah layout / template disini digunakan untuk mempermudah anda dalam mengatur tampilan aplikasi yang sedang dibuat , seperti kebanyakan template yang kita temui, ada beberapa bagian template yang bersifat tetap (statis), dan ada beberapa bagian yang bersifat dinamis, nah bagian dinamis ini yang akan berisi content yang akan berubah – ubah tergantung menu mana yang akan diakses. (more…)

Tutorial Codeigniter 4 – Part 5 – Cara Membuat Model dan Interaksi Database melalui model di Codeigniter 4

Tutorial Codeigniter 4 – Part 5 – Cara Membuat Model dan Interaksi Database melalui model di Codeigniter 4

Selamat datang di tutorial warung belajar, dalam tutorial ini kita akan melanjutkan pembahasan dari seri tutorial codeigniter 4, kita akan bahas terkait dengan model di codeigniter 4.

Model adalah bagian yang cukup penting di Codeigniter, dimana dengan model kita akan dapat berkomunikasi dengan database.

Pada Codeigniter 4 peran Model akan sedikit berbeda dengan Codeigniter 3, karena di Codeigniter 4 Model memiliki peran untuk dapat langsung berkomunikasi dengan database, tanpa kita membuat method didalam model itu sendiri seperti yang kita lakukan di Codeigniter 3, konsep seperti ini ada juga di Laravel dimana Model bisa dikatakan seperti representasi dari tabel yang ada didatabase. (more…)

Tutorial Codeigniter 4 – Part 4 – Membuat View di Codeigniter 4

Tutorial Codeigniter 4 – Part 4 – Membuat View di Codeigniter 4

Selamat datang di tutorial warung belajar, dalam tutorial ini kita akan melanjutkan pembahasan mengenai seri tutorial Codeigniter 4, pada part 4 kita akan membahas cara membuat view di Codeigniter 4.

Seperti yang telah kita pernah bahas terkait dengan konsep MVC  yang ada di Codeigniter, pembahasan MVC bisa anda baca di Mengenal Konsep MVC di Codeigniter.

Views memiliki fungsi untuk menampilkan tampilan web yang dapat dilihat oleh pengguna aplikasi, seperti tampilan header, content, footer, data, form dll, intinya views digunakan untuk membuat tampilan yang dapat dinikmati oleh pengguna aplikasi. (more…)

Tutorial Codeigniter 4 – Part 2 – Cara Membuat Controller

Tutorial Codeigniter 4 – Part 2 – Cara Membuat Controller

Selamat datang di tutorial warung belajar, dalam tutorial ini kita melanjutkan pembahasan mengenai tutorial Codeigniter 4, dalam tutorial ini kita akan membahas mengenai cara membuat controller di Codeigniter 4.

Codeigniter 4 sudah mendukung arsitektur MVC (Model, View, Controller), nah buat teman – teman yang belum mengenal konsep MVC ini, bisa baca artikel kami sebelumnya mengenai Konsep MVC di Codeigniter Mengenal Konsep MVC di Codeigniter

pada artikel itu kita menjelaskan peran masing – masing bagian MVC (Model,View, Controller) tapi ada sedikit hal yang berbeda di Codeigniter 4, jika dibandingkan dengan versi sebelumnya Codeigniter 3.

di Codeigniter 4 dikenalkan konsep penulisan query semacam eloquent di Laravel, yang lebih menyederhanakan perintah untuk mengakses database, nanti kita akan bahas lebih lanjut di pembahasan tentang penggunaan model.

Pada pembahasan ini kita fokus di cara pembuatan controller saja. (more…)