Tutorial Belajar PHP Part 33 – Memahami Konsep Static di OOP

Selamat datang di warungbelajar, dalam tutorial kali ini kita masih melanjutkan pembahasan dari seri tutorial PHP, pada part 33 kita akan membahas mengenai konsep static pada OOP PHP.

Pada tutorial sebelumnya kalau kita ingin mengakses sebuah property atau method dari class tertentu, maka kita diharuskan melakukan instansiasi class yang property atau methodnya akan kita akses.

Sebagai contoh kalau kita memiliki class komputer dimana didalamnya terdapat property prosesor, dan method memutar_musik(), untuk mengakses property dan method tersebut, membuat object terlebih dahulu, baru kita dapat mengakses property dan method dari class komputer, seperti contoh skrip dibawah ini :

Keterangan :

  • Dengan cara diatas untuk mengakses property atau method kita perlu membuat object terlebih dahulu (Line 10) baru mengekses property (Line 11) atau method (Line 13) dengan menggunakan object.

 

Konsep statis ini sedikit berbeda, konsep ini tidak menggunakan aturan dasar OOP tersebut, Pada Konsep statis ini kita tidak perlu melakukan instansiasi untuk dapat memanggil property atau method, kita dapat mengakses property atau method dengan menggunakan cara menuliskan nama class diikuti :: (scope resolution operation) diikuti property atau method.

Sebagai contoh perhatikan skrip dibawah ini :

Keterangan :

  • Jika dijalankan maka akan menampilkan text “Core i5” dan “Komputer memutar video”
  • Perhatikan di Line 4 kita menuliskan perintah public static $prosesor=”Core i5″ yang artinya kita membuat property dengan tipe static.
  • Perhatikan di Line 5 kita menuliskan perintah public static function memutar_video yang artinya kita membuat method dengan tipe static.
  • Jadi untuk membuat property ataupun method dengan tipe static kita perlu menuliskan perintah static saat pembuatan property ataupun method.
  • Perhatikan di Line 10 untuk mengakses property prosesor didalam class komputer, kita hanya menuliskan perintah “komputer::$prosesor
  • Perhatikan di Line 12 untuk mengakses method memutar_video didalam class komputer, kita hanya menuliskan perintah “komputer::memutar_video()

 

Mengekses property atau method static pada lingkup class

Untuk dapat mengakses property atau method static pada lingkup class, anda dapat menggunakan 3 cara, adapun caranya antara lain :

  • Menggunakan nama class itu sendiri
  • Menggunakan keyword self
  • Menggunakan keyword static

Sebagai contoh perhatikan skrip dibawah ini :

Keterangan :

  • Jika dijalankan akan menampilkan output dari method get_prosesor_1, get_prosesor_2, dan get_prosesor_3, akan menampilkan hasil yang sama yaitu “Core i5
  • Pada Line 7 kita memanggil static property prosesor dengan menggunakan nama class itu sendiri, sehingga kita menuliskan komputer::$prosesor
  • Pada Line 11 kita memanggil static property prosesor dengan menggunakan keyword self, sehingga kita menuliskan self::$prosesor
  • Pada Line 15 kita memanggil static property prosesor dengan menggunakan keyword static, sehingga kita menuliskan static::$prosesor

Static Property atau method juga memiliki tingkat visibility, Static Property atau method memiliki tingkat visibilitas yang sama seperti property atau method biasa yaitu private, protected, public dan default.

 

Baik sekian dulu teman – teman pembahasan mengenai Konsep Static di OOP, jika ada yang ingin didiskusikan silahkan di kolom komentar, sekian dulu sampai jumpa di tutorial selanjutnya

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *