Tutorial Belajar PHP Part 1 – Mengenal PHP

Selamat datang di warungbelajar, kali ini kita memulai seri pemrogaman baru mengenai PHP, di part 1 kita akan kenalan dengan PHP, dan kenapa sih kita harus belajar PHP.

PHP: Hypertext Preprocessor adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. PHP banyak dipakai untuk memprogram situs web dinamis. PHP dapat digunakan untuk membangun sebuah CMS.

(Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/PHP)

 

PHP adalah bahasa pemrogaman server side yang didesain untuk pengembangan web, PHP dikembangankan pada tahun 1995 oleh Rasmus Lerdorf, untuk melihat dokumentasi resmi PHP, teman – teman bisa mengakses situs resmi PHP php.net

PHP dikatakan bahasa pemrogaman server side karena php diproses pada komputer server, berbeda dengan pemrogaman client-side seperti HTML, CSS, Javascript, pemrogaman client side akan di proses pada web browser (client).

Saat tutorial ini dibuat PHP sudah sampai di versi 7.1.15, untuk info lebih detailnya silahkan akses web resmi php : php.net

 

 

Bagaimana peran PHP dalam sebuah web

Nah hal yang biasanya ditanyakan bagaimana sih peran PHP dalam proses aplikasi berbasis web itu ? kalau menggunakan PHP bagaimana peran HTML, CSS yang sebelumnya telah kita pelajari ?? nah coba perhatikan gambar ilustrasi di bawah ini :

 

Keterangan :

  • Semisal Client web ingin login ke web social media, client tersebut akan mengirimkan request kepada web server isinya semisal username dan password, nah web servernya yang menggunakan PHP sebagai pemrogamannya yang akan berkomunikasi dengan database mengecek benar gak sih username dan password ini ada didatabase nah yang berperan komunikasi dengan Database itu adalah PHP
  • Nah setelah Php mendapatkan data hasil dari request dari Database apakah username dan password itu valid atau tidak, php akan mengembalikan data dan ditampilkan menggunakan HTML agar bisa dilihat oleh client web
  • apabila username dan password valid client web akan diarahkan ke halaman home, tetapi jika tidak valid akan muncul keterangan bahwa username dan password salah, nah yang memikirkan logika seperti itu adalah si PHP, tetapi untuk halaman home dan pesan error ditampilkan dengan HTML.
  • Jadi si PHP yang memikirkan logikanya, HTML yang menata pesan yang bisa dilihat oleh Client
  • Jadi kita harus membedakan antara PHP sebagai pemrogaman server side, dan pemrogaman client side (HTML, CSS, Javascript), pemrogaman server side dijalankan di sisi server dan bisa berkomunikasi dengan database dan komponen lain yang berada diserver, sedang pemrogaman client side dijalankan di sisi client (browser) digunakan untuk menampilkan data hasil proses pemrogaman server side agar dapat dilihat oleh pengguna web.

 

 

 

Kenapa Harus Belajar PHP

Setelah kita mengetahui bagaimana peran PHP dalam sebuah aplikasi berbasis web, selanjutnya kita akan membahas kenapa sih kita harus belajar PHP ?

karena saat ini ada beberapa pilihan teknologi pemrogaman yang bisa anda pilih untuk dipelajari

yuk kita bahas mengenai alasan mengapa anda harus belajar PHP.

 

  • PHP Pemrogaman yang free dan open source

nah ini yang membuat saya tertarik pakai PHP, PHP bersifat free dan opensource jadi anda tidak perlu membeli license jika ingin menggunakan PHP, tidak hanya itu aplikasi yang diperlukan untuk menuliskan skrip PHP, semuanya free.

Saya pribadi biasanya untuk proses development biasanya menggunakan Xampp, lalu text editor pakai visual code lalu diinstall xdebug untuk debug php, semuanya itu free lho.

 

  • PHP adalah bahasa yang populer

PHP adalah salah satu bahasa pemromgan yang paling populer diseluruh dunia, Hingga saat ini PHP masuk kedalam top 10 Besar pemrogaman yang paling populer.

Sumber Web Tiobe https://www.tiobe.com/tiobe-index/

PHP berada di urutan ke – 7 hal ini membuktikan bahwa PHP adalah salah satu bahasa pemrogaman yang populer, jadi gak ada salahnya kan kita pelajar PHP

 

  • Tempat Belajar PHP di Indonesia sangatlah luas

Anda dapat dengan mudah menemukan tempat belajar PHP diinternet, seperti youtube (Tutorial Bahasa Indonesianya banyak sekali), Blog, ataupun komunitas forum di social media banyak sekali.

contohnya seperti facebook, ada komunitas PHP Indonesia yang saat tutorial ini dibuat anggotanya sekitar 149 Ribu orang.

saya pribadi jika sudah bingung ketika skrip error pasti curhat disana dan alhamdulillah anggotanya banyak yang memberikan bantuan

jadi gak usah bingung mengenai tempat belajar PHP, contoh yang saya tulis diatas adalah tempat belajar PHP yang menggunakan PHP Indonesia, kalau di situs luar tambah banyak sekali.

 

  • Pemrogaman yang mudah untuk dipelajari

Jika kita compare PHP dengan pemrogaman lain seperti C/C++/C# atau Java, PHP lebih mudah untuk dipelajari, dulu waktu mahasiswa saya diajari pemrogaman C++ wih sulitnya bukan main, tetapi ketika mengenal PHP wah ternyata mudah sekali, tidak sesulit bahasa – bahasa yang saya sebutkan di atas.

 

  • Lapangan Pekerjaan yang begitu banyak

Selain bahasa pemrogamannya mudah, PHP juga memiliki lapangan pekerjaan yang luas, coba teman – teman cari lowongan pekerjaan di bidang web development, Skill penguasaan PHP adalah yang paling banyak dicari, apalagi penguasaan terhadap framework php seperti Codeigniter, Laravel, Yii

Jadi kita harus kuatkan dulu pemahaman mengenai PHP setelah itu anda bisa belajar mengenai framework PHP seperti Codeigniter dan Laravel.

 

  • Kemudahan dalam Hosting

Hosting itu adalah tempat penyimpan file web kita agar bisa diakses secara online, nah kalau kita nanti membuat aplikasi dengan PHP dan ingin mempublish agar bisa diakses secara online, diluar sana banyak sekali penyedia layanan hosting yang menyediakan web server yang mendukung PHP, dan pastinya harganya murah

 

Baik kurang lebih itu dulu teman – teman mengenai apa itu PHP, bagaimana peran PHP dalam aplikasi berbasis web, dan alasan kenapa harus belajar PHP.

Jika ada yang ingin didiskusikan silahkan di kolom komentar ya teman – teman, sampai jumpa di tutorial PHP berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *