Tutorial Belajar PHP Part 17 – Mengenal Struktur Perulangan Do – While di PHP

Selamat datang di warungbelajar, melanjutkan pembahasan dari seri tutorial PHP, masih membahas mengenai perulangan di PHP, jika dalam tutorial sebelumnya kita telah belajar mengenai Perulangan dengan menggunakan While di PHP, kali ini kita akan membahas mengenai perulangan dengan menggunakan Do – While di PHP.

Dari namanya sepertinya ada kesamaan antara While dan Do While, kesamaannya adalah While dan Do While, memiliki pola perulangan yang hampir sama, yang membedakan hanyalah posisi dari pengecekan kondisi agar perulangan dilakukan.

Struktur perulangan While, pengecekan kondisi perulangan dilakukan di awal, sehingga jika kondisi tidak terpenuhi (bernilai False), maka perulangan tidak akan dijalankan.

Struktur perulangan Do While berbeda, perulangan akan dijalankan terlebih dahulu, baru dilakukan pengecekan kondisi, sehingga perulangan akan tetap dilakukan minimal 1 kali, meskipun kondisi tidak terpenuhi (bernilai False).

Untuk memudahkan pemahaman silahkan perhatikan contoh dibawah ini :

Ini perulangan menggunakan while :

Keterangan :

  • jika dijalankan tidak akan menampilkan pesan apapun, karena pada saat pengecekan kondisi bernilai FALSE, otomatis perulangan tidak dilakukan

 

ini perulangan menggunakan Do While :

Keterangan :

  • Jika dijalankan akan melakukan perulangan sebanyak 1 kali sehingga menampilkan angka 5, hal ini dikarenakan struktur Do While akan melakukan perulangan terlebih dahulu, baru melakukan pengecekan kondisi, jadi meskipun kondisinya bernilai False seperti contoh diatas, perulangan tetap dilakukan minimal 1 kali

 

 

Struktur penulisan perulangan Do – While di PHP

Seperti yang dijelaskan di bagian awal, struktur dari do-while dan struktur while hampir sama, yang membedakan hanyalah posisi dari pengecekan kondisi saja.

Ini adalah struktur dasar dari penulisan do-while di PHP.

Keterangan :

Struktur Do While dimulai dengan perintah do, berikutnya dibuat tanda kurung kurawal pembuka dan penutup, diantara tanda kurung kurawal tersebut anda dapat menuliskan statement yang akan dijalankan ketika perulangan dilakukan, berikutnya anda dapat menuliskan baris program yang digunakan untuk menghentikan perulangan agar tidak terjadi infinity loop.

Setelah itu baru dilakukan pengecekan kondisi, selama pengecekan kondisi nilainya TRUE maka perulangan akan dijalankan, tetapi jika nilainya FALSE maka perulangan akan berhenti, tetapi seperti yang dijelaskan diawal Struktur Do – While ini akan melakukan perulangan minimal 1 kali, meskipun nilai pengecekan kondisi bernilai FALSE.

 

Sebagai contoh semisal kita ingin menampilkan tulisan 1 – 15 dengan menggunakan perulangan Do – While, kodenya adalah sebagai berikut :

Hasilnya adalah sebagai berikut :

Keterangan : 

  • Pada Line 1 kita buat variabel $i dengan nilai 1
  • Pada line 2 kita tuliskan perintah do lalu kita buat tanda kurung kurawal pembuka (Line 4) dan kurung kurawal penutup (Line 8)
  • Antara kurung kurawal pembuka dan penutup, kita tuliskan statement yang akan dijalankan saat perulangan dilakukan, yaitu menampilkan isi dari variabel $i, dan berganti baris (echo “<br/>”; )
  • Perhatikan pada Line 7 kita menuliskan $i++ yang artinya menambah nilai 1 di variabel $i setiap perulangan selesai dilakukan.
  • Pada line 8 kita melakukan pengecekan kondisi ($i < 16) artinya perulangan dilakukan jika value variabel $i kurang dari 16, sehingga perulangan dilakukan sebanyak 15 kali dan menuliskan angka 1 – 15 di browser.

 

Bagaimana teman – teman mudah bukan, pokoknya perbedaannya antara struktur while dan do – while adalah posisi dari pengecekan kondisinya, dan untuk struktur do – while minimal melakukan 1 kali perulangan meskipun kondisinya bernilai False.

Sekian dulu tutorial mengenai struktur perulangan Do – While, jika ada yang ingin didiskusikan silahkan di kolom komentar, sampai jumpa di tutorial berikutnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *